Wednesday 3 May 2017

Homemade Choco Nut Spread Ekonomis

pretty-moody.blogspot.co.id
Homemade Choco Nut Spread
Hayo siapa yang suka banget sama coklat? Saya cinta banget sama coklat dan olahannya. Kalau dipikir-pikir sih saya enggak suka permen tapi cinta banget sama coklat. Sebagai penggemar coklat, enggak lengkap rasanya kalau engga nyobain selai yang rasa coklatnya rich dan nendang banget. Kalau yang store-bought selai coklat sih banyak yak yang enak gitu, tapi kalau bikin sendiri, apa bisa?

Bukan saya namanya kalau enggak nyoba bikin sendiri, saya punya hobi nyoba2 memang. Mau itu makanan, craft, sampai beauty product juga saya pengen coba bikin. Akhirnya, saya ubek-ubek lah Pinterest buat dapet resep homemade choco spread yang cihuy sesuai dengan selera saya. Tapi saya enggak nemu resep yang pas soalnya sebagian besar resep pakai heavy cream, hazelnut, dan juga gelatin. Duh, bahan-bahan itu soalnya susah dicari kalau di Malang. Jadilah saya modifiasi sendiri resepnya dari bahan-bahan yang mudah didapat dan juga harga terjangkau. Secara harga heavy cream aja kalau di supermarket sudah seharga selai coklat  yang kemasan. Karena saya mempertimbangkan segi keekonomisan dan juga rasa, jadilah resep ini.

Resep homemade choco nut spread ini juga cocok banget buat yang lagi ngekos. Tinggal stock selai ini dan beli roti, udah bisa buat sarapan pagi kaan. Harga bahan selai juga enggak mahal dan juga gampang dicari. Sayangnya saya udah enggak ngekos lagi, tapi resep ini ciamik buat siapa aja sih. Yuk ah lanjut ke resep.

Resep Homemade Choco Nut Spread

Bahan:

  • 300 ml air (saya susu full cream)
  • 5 sdm gula pasir (saya 7 sdm karena kurang manis)
  • 4 sdm maizena
  • 2 sdm Bubuk coklat kualitas bagus (saya 3 sendok makan), cairkan dengan 1 sdm air panas
  • 1 sdm pasta coklat
  • 1 sdm mentega
  • 1 sdm selai kacang (optional, bisa juga diganti dengan hazelnut, tapi mahal)
Cara membuat:
  1. Campur susu, maizena, dan coklat, aduk rata hingga tidak ada gumpalan lagi. 
  2. Masak campuran susu tersebut dengan api kecil hingga beruap, tambahkan pasta coklat dan gula pasir. Masak lagi hingga kental dan meletup-letup. Matikan api, lalu masukkan mentega. Aduk rata, siap digunakan.
pretty-moody.blogspot.co.id
Homemade Choco Nut Spread
Catatan:
Selai coklat homemade ini bisa disimpan dikulkas dan tahan hampir seminggu. Kalau enggak punya kulkas di kos, selai akan bertahan 4 hari-an di suhu ruang. Jadi sebaiknya bikinnya dikit-dikit aja. Satu resep ini untuk dua toples selai ukuran kecil. Pastikan coklat bubuk yang digunakan berkualitas bagus ya agar rasanya juga enak. 

Rasa selai coklat ini menurut saya mirip sama selai branded, coklatnya berasa, manisnya pas, dan rasa kacangnya nutty banget. Saya girang banget waktu bikin selai ini, sampai saya jilatin terus karena enak. Semoga bisa dipahami ya cara pembuatannya dan see you in the next post. 

4 comments:

  1. Aku juga suka sama cokelat sis, resepnya kayanya oke banget nih buat dicoba. Thank you sis, atas bagi-bagi resepnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, bisa banget buat dicoba,, soalnya enak banget.

      Delete
  2. wah resepnya membantu banget kak, bisa ikutan cobain nih kalo lagi nganggur hehe

    lindadevip.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  3. Hai Linda, yuk cobain,, mudah banget kok buatnya

    ReplyDelete