Saturday 13 April 2019

Apa yang Terjadi Ketika Kamu Berhenti Pakai Skincare?


Pernah enggak terpikir untuk mengurangi atau bahkan berhenti pakai skincare?

Saya kepikiran tentang hal ini beberapa waktu yang lalu. Alasannya sih simple, saya hanya ingin mengurangi intensitas zat-zat kimia yang masuk ke dalam tubuh. Yah gimana ya, skincare yang saya pakai sebagian masih mengandung parfum, paraben, pewarna, dan sejenisnya. Padahal apapun yang dioles atau digunakan meski secara topikal akan masuk kedalam tubuh –CMIIW-.



Jadilah beberapa minggu yang lalu, saya memutuskan untuk hanya benar-benar seminimal mungkin menggunakan skincare. Saya hanya pakai pembersih, sunscreen, pelembab, bedak, lipstick, dan alis. Bahkan saya juga memutus hubungan dengan foundation dan makeup lain. Lalu apa yang terjadi dengan kulit saya?
Less is More
Pada beberapa segmen hidup, jargon less is more mungkin tepat digunakan. Ya, semata-mata biar kita enggak hidup dengan cara berlebihan. Ye khan? Tapi ketika memutuskan untuk mengurangi bahkan tidak menggunakan skincare mungkin tidak bisa dilakukan untuk semua orang.
‘Saya aja cuma pakai bedak bayi tapi kulit semulus tembok baru dicat’
Pasti pernah kan ya ada orang yang komen seperti itu? Atau nemu komen yang sejenisnya. Demi Tuhan, berbagialah kamu yang kulitnya enggak rewel meski cuma pakai bedak bayi aja.

Faktanya setiap kulit itu berbeda-beda. Ada yang langsung kinclong hanya pakai bedak bayi, ada yang butuh seiprit skincare, dan ada juga yang butuh berbotol-botol skincare agar bisa jadi mulus. Dan, kulit saya termasuk dalam tipe yang terakhir.

Jadi, selama beberapa minggu ‘puasa’ menggunakan skincare, ada beberapa efek yang saya rasakan.

Komedo tumbuh subur

Hal pertama yang saya perhatikan setelah meminimalkan penggunaan skincare adalah komedo yang langsung tumbuh subur. Padahal beberapa waktu yang lalu, komedo saya sempet bersih dengan metode pembersihan komedo di rumah. Tapi kemudian langsung tumbuh subur setelah stop pakai skincare.

Padahal saya cuma pakai sunscreen, bedak, dan double cleansing. Tapi nyatanya komedo tetap tumbuh dengan subur. Saya menyimpulkan, selain makeup, debu dan kotoran menyebabkan komedo tumbuh subur. Jadi meskipun pakai double cleansing, tapi kalau tidak pakai scrub atau skincare yang lain, komedo tetap ada.

Mudah Jerawatan

Kulit saya sebenarnya bukan tipe yang mudah jerawatan. Saya hanya jerawatan kalau sebelum datang bulan aja. Tapi kalau rajin pakai skincare, saya tidak berjerawat bahkan ketika datang bulan. Eh lha tapi saat lepas dari skincare, jerawat segede jagung pada tumbuh. Selain jerawat besar, jerawat kecil dan bruntusan juga jadi bermunculan.

Kulit kering dan kasar

Dampak nyata dari tidak menggunakan skincare pada kulit saya adalah kulit kering dan kasar. Yha emang dasarnya kan kulit saya kering. Jadi bila enggak pakai skincare jadi semakin kering dan kasar. Rasa kasarnya sebagian karena kulit kering dan sebagian karena bruntusan. Kalau menyentuh kulit rasanya jadi enggak nyaman banget.

Lesson learned

Kalau sudah berhubungan dengan kulit dan skincare, sebaiknya adalah mengetahui apa yang dibutuhkan oleh kulit masing-masing. Misal si A kulitnya baik-baik saja meski cuma pakai bedak bayi aja, ya belum tentu kulit kamu efeknya sama. Selain itu, jenis skincare yang dipakai juga tidak bisa disamakan dengan orang lain. Bisa aja kamu butuh dua jenis serum tapi orang lain cuma pakai satu.

Selain itu, istilah less is more dalam perawatan wajah juga tidak sepenuhnya benar dan salah. Kalau yang kulitnya bisa terima sedikit skincare, ya, lucky you. Tapi kalau kulitnya butuh beberapa skincare, ya, terima aja sis daripada kulit jadi bermasalah. Jadi, ya kita harus benar-benar peka dengan apa yang dibutuhkan kulit masing-masing.  

I'll see you on the next post. Bye. 

15 comments:

  1. Aku pernah berhenti pakai skin care waktu hamil dulu. Entah kenapa rasanya males banget mau perawatan apa-apa. Mungkin bawaan bayi kali ya? Heheee...
    Btw, mampir di blog ku jg ya Mb, yg postingan Bintal. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya kalau hamil gitu mbak,, sering males rutinitas juga

      Delete
  2. Mulai mengurangi skincare dengan tidak membeli lagi face wash dan cleansing toner. Selain itu, pelembab yang dipakai sekarang gak menjawab kebutuhan kulit saat ini. Jadinya ya super dehidrasi, pori-pori makin keliatan, komedo subur dan yang paling kentara kulit jadi kasar banget dipakein make up susah nge-blend.

    Terkadang suka iri sama orang lain yang gak dipakein apa-apa kulitnya udah bagus, entah itu faktor genetik atau emang saya aja yang gak tahu keluhan kulitnya dia apa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak, kadang pengen juga gak pake apa-apa tapi kulit sudah kinclong gitu.

      Delete
  3. Tanya dong, berhentinya brp lama (minggu)? Mungkin kulitnya msh adapatasi. Aku pernah over pakai skincare trus alergi parah, bentol merah. Konsul ke beautician, aku cuma boleh pakai gel aloe vera selama 6 bulan. Skip semua skin care. Cuma facial wash, lotion & gel aloer vera tsb. Alhamdulillah sembuh...
    Engga ke dokter kulit, engga cocok aku. Diresepin racikan kimia, tambah merah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berhentinya sebulan.. tapi masa pakai skincare kulitnya enggak ada masalah, cuma pengen aja eksperimen gimana kalo gak pakai skincare.

      Delete
  4. Iyaaa bener. Biarpun sama-sama perempuan, kulit kita nggak bisa disamakan dong, ya. Aku pada dasarnya juga nggak mudah jerawatan. Tapi kalau sudah datang bulan, wew jerawat gede-gede muncul satu demi satu. Daaan, lama tuh nangkring di wajah. Sebaaal ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho sama kayak kulitku,, kalau datang bulan jerawat juga datang segede jagung..

      Delete
  5. Aku sering ga pake skincare kalo lagi traveling atau keluar kota. Kemarin habis skip skincare nyaris 2 mingguan cuman cuci muka doany, pelembap kalo ga males eh kulitku malah jadi membqik lho. Tadinya ada jerawat muncul sembuh muncul lagi sembuh lagi gitu sekarang ilang ga muncul lagi. Cuman memang kulitku makin kering sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang efeknya beda-beda yaa.. tapi kalo kulit kering jelas semakin kering kalo gak pakai skincare

      Delete
  6. Kebetulan aku sedang melakukan eksperimen tanpa skincare. Sudah berjalan 4 hari. No makeuo, no skincare. Cuma cuci muka aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba sampai sebulan mbak, sama kayak aku. tapi hasilnya bisa beda-beda lho tiap orang

      Delete
  7. Ibarat gosok gigi ya mba, soalnya cewek itu makin tua makin keriput klo cowok makin ganteng higsss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak berasa banget bedanya enggak pakai skincare,, berasa setahun lebih tua gitu

      Delete
  8. Klau mau berhenti krim dokter gmana ya efeknya

    ReplyDelete