Monday 22 April 2019

Kenapa Sih Kita Harus Repot-Repot Baca Label Kosmetik?

Selama ini kita sering kali dihimbau untuk selalu membaca label kosmetik dan skincare. Padahal membaca sederet istilah kimia dalam tulisan yang kecil-kecil pada kemasan kosmetik bukanlah hal yang mudah. Membaca label kosmetik bagi saya tuh berasa seperti balik ke masa sekolah dimana. Ya, iyalah wong hampir semua isinya adalah istilah kimia. Pasti berasa lagi mengulang pelajaran kimia SMA.
Kenapa harus baca label kosmetik, pretty-moody.com, label kosmetik
Kenapa harus baca label kosmetik?
Untuk orang awam macam kita-kita ini yang tidak mempunyai background pendidikan di bidang kimia, pasti membaca label kosmetik itu sulit. Belum lagi kita juga harus tahu apa manfaat apa saja yang ada pada bahan-bahan tercantum tersebut. Memang sih dengan satu klik di halaman pencarian, kita bisa dengan mudah mendapatkan informasi tentang bahan kimia pada kosmetik dan skincare. Tapi tetap aja sih, susah dan ribet.

Lalu, kenapa sih kita harus repot-repot membaca dan memahami label kosmetik?

Baca juga: Ini yang terjadi ketika kamu berhenti pakai skincare

Mencegah korban iklan

Hayo ngaku siapa yang sering banget jadi korban iklan? Saya termasuk salah satu yang sering banget jadi korban iklan. Memang sih klaim kosmetik atau skincare di iklan tuh bikin buta mata hati. Dengan segala istilah yang ada seperti memutihkan, mencerahkan, ampuh menghilangkan jerawat, dan sebagainya, kita sering kali langsung membeli suatu produk tanpa melihat labelnya. Sehingga waktu memakai produk langsung deh ketahuan kalau tidak cocok. Padahal kalau kita jeli membaca label kemasan, hal ini bisa dihindari lho.

Lebih peka dengan strategi marketing kosmetik

Selain mencegah jadi korban iklan, membaca label kosmetik juga bisa membuat kamu lebih peka dengan strategy marketing. Bagaimanapun juga kosmetik dan skincare adalah dagangan dari suatu perusahaan yang pastinya ingin membuat keuntungan sebanyak-banyaknya. Sehingga untuk menarik minat konsumen, mereka menggunakan berbagai strategy marketing. Misalnya produk dengan label ‘natural’, padahal bila dilihat lebih lanjut bahan-bahan yang digunakan bisa saja bukan bahan alami atau natural.

Baca juga: Cara menghilangkan komedo di rumah

Waspada dengan bahan-bahan kimia berbahaya

Sekarang ini masih banyak lho kosmetik yang menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya. Dari mana kita tahu kalau suatu produk mengandung bahan berbahaya atau tidak? Ya, dari daftar ingredientsnya kan. Meskipun enggak paham-paham amat tentang bahan kimia kosmetik, tapi kalau kita sudah terbiasa membaca label pasti bisa niteni apa saja bahan berbahaya yang bisa memicu iritasi pada kulit. Misalnya kalau di kulit saya, saya alergi dengan SLS/SLES/dan ALS. Jadi selalu saya usahakan menghindari skincare yang mendandung bahan ini.

macam label kosmetik, pretty-moody.com
Macam Label Kosmetik

Tahu simbol-simbol kecantikan

Tidak hanya gebetan saja yang penuh dengan simbol-simbol, tapi juga dalam dunia kecantikan. Kalau dicermati lebih lanjut, kemasan kosmetik dan skincare yang biasa kita pakai itu mengandung banyak simbol-simbol. Misalnya simbol PAO (product after opening), simbol cruelty free, simbol recycle, simbol halal, dan sebagainya.

Paham konsentrasi bahan kimia dalam kosmetik

Secara umum konsentrasi bahan kimia pada kosmetik dan skincare diurutkan dari konsentrasi paling banyak hingga ke paling sedikit. Jadi pada urutan empat dari awal adalah bahan utama dalam skincare dan kosmetik. Selanjutnya adalah bahan-bahan pendukung. Misalkan suatu produk mengklaim mengandung aloe vera, padahal pada daftar ingredients aloe vera terletak pada bagian paling akhir. Artinya konsentrasi aloe vera paling sedikit tapi dijadikan trik marketing untuk menarik perhatian konsumen.

Baca juga: Rekomendasi makeup untuk pemula

Mencegah salah beli produk

Membaca label kosmetik dan skincare dengan teliti juga membantu mencegah salah beli produk. Jujur deh, sudah berapa banyak kosmetik atau skincare yang sudah dibeli tapi ternyata tidak dipakai dengan berbagai macam alasan. Buanyak banget kan. Nah, membaca label produk membantu kamu untuk membeli produk yang salah.

Meskipun terkadang sering malas membaca label kosmetik dan skincare, tapi paling tidak kamu tahu gambaran bahan dalam produknya. Sehingga kamu tidak lagi jadi korban iklan dan salah beli produk. Yuk, jadi konsumen cerdas dan lebih teliti lagi dalam membaca label kosmetik.

I'll see you on the next post. Bye

8 comments:

  1. Baca label sebelum membeli memang penting banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak, harus telaten baca label kosmetik

      Delete
  2. Setuju. Informasi produk adalah hak konsumen. Agar tak kecewa karena ketidaktelitian apalagi ketidaktahuan tentang produk yang dibeli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak biar enggak jadi korban iklan,, kan mubazir kalau sudah beli tapi enggak dipakai karena tidak cocok.

      Delete
  3. iya setuju aku juga selalu baca, soalnya kadang iklan tuh berlebihan banget sementara kandungan dalam produknya nggak segitu heboh sebenernya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang emang iklan tuh klaimnya selangit padahal hasilnya enggak sesuai dengan ekspektasi ya. Bikin sebel gitu itu.

      Delete
  4. Setujuuu makasih ya udah ngasih tau kak

    ReplyDelete