Monday 6 May 2019

Day 1 - Yuk, Buka Puasa Secara Lebih Sehat dengan Cara Ini


Alhamdulilah, hari ini puasa hari pertama.

Saat puasa pasti sudah kebayang nanti sore ingin buka puasa dengan es ini dan makanan itu dengan porsi sumo tentu saja. Ada yang saat puasa fokusnya dengan menu buka puasa? Ada? Astagfirullah, saya juga. Hehehe

Selain beribadah, berpuasa adalah salah satu cara untuk membersihkan racun atau detox tubuh. Tapi kalau saat berbuka kemudian kalap dan makan dengan porsi sumo, apakah manfaat detox bisa tetap didapat? Yha tentu saja tidak. Makan terlalu banyak saat buka puasa hanya akan menyebabkan tubuh menjadi tidak nyaman. Bila badan menjadi tidak nyaman, ibadah juga akan terganggu kan.

Jadi, apakah saat berbuka puasa harus dengan menu diet super sedikit? Tidak juga. Yang terpenting saat berbuka puasa adalah pilihan menu dan pola makan yang benar. Sehingga puasa yang dijalani seharian bisa memberikan manfaat untuk tubuh. Berikut ini beberapa cara sehat untuk buka puasa yang bisa kamu lakukan.

Awali dengan air putih

Seperti yang sudah kita hafal diluar kepala bila berbuka sebaiknya dengan yang manis. Faktanya, makanan yang sebaiknya dikonsumsi setelah berpuasa adalah air putih. Makanan atau minuman manis pada saat perut masih kosong setelah puasa akan menyebabkan lonjakan gula darah. Selain itu, makanan dan minuman manis juga akan menyebabkan perut terasa penuh dan kamu merasa semakin haus. Sebaiknya awali berbuka dengan segelas air putih sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah.

Air hangat dengan perasan lemon

Air hangat dengan perasan lemon setelah puasa? Gila ya? Enggak. Faktanya air hangat dan perasan lemon sebelum mengkonsumsi apapun setelah puasa bisa menyeimbangkan kadar asam lambung. Tapi membuatnya juga harus benar yaitu siapkan air hangat kemudian masukkan perasan lemon, kira-kira satu sendok makan.

Makanan dan minuman manis secukupnya

Makanan dan minuman manis memang termasuk menu yang wajib ada saat berbuka puasa. Kolak, es buah, es campur, es teler dan kawan-kawannya (duh saya jadi ngiler juga nulisnya) memang segar diminum saat berbuka puasa. Kamu tetap boleh kok mengkonsumsi makanan ini, tapi jangan berlebihan porsinya. Jangan dianggap bila makanan manis untuk mengembalikan energi karena sebenarnya makanan dan minuman manis menyebabkan lonjakan gula darah dalam tubuh. Sehingga harus dikonsumsi secukupnya saja saat berbuka puasa.

Batasi gorengan

Selain minuman manis, gorengan juga selalu menggoda saat buka puasa. Bahkan menu gorengan ini menjadi favorit keluarga saya saat berbuka puasa. Boleh saja makan gorengan saat buka puasa, namun juga dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan. Jangan karena lapar, terus kamu habis bakwan sayur dan tahu isi satu piring. Satu atau dua potong sudah cukup karena kalau makan gorengan terlalu banyak juga akan menyebabkan rasa begah dan tenggorokan terasa berminyak.

Jangan lupa sayur dan buah

Meskipun sedang berpuasa, namun sayur dan buah tetap harus dikonsumsi. Kekurangan sayur dan buah akan membuat pencernaan mampet dan akibatnya susah BAB. Gak jadi sehat dong kalau susah BAB.

Porsi makan seimbang

Saat buka puasa rasanya memang ingin makan nasi sebakul. Tapi tahan dulu. Meskipun kamu lapar bukan main, tetap makan dengan porsi yang seimbang antar karbohidrat, protein, lemak, dan sayur agar pencernaan tetap lancar dan energi tetap terjaga.

Baca juga: Cerita Hijrahku

Pola makan yang benar

Hayo siapa disini yang waktu berbuka langsung makan besar? Heem, itu adalah pola buka puasa yang salah. Sebaiknya saat berbuka puasa awali dengan air putih kemudian air lemon. Setelah itu baru makan camilan dan minuman manis secukupnya. Nah, setelah ini jangan ngegas langsung makan, tapi sholat Magrib dahulu. Setelah sholat Magrib baru makan secukupnya dan kemudian pergi sholat Tarawih. Bila masih lapar setelah sholat tarawih, boleh lah ya makan lagi sedikit atau makan camilan. Jangan lupa minum air yang banyak juga agar tidak dehidrasi.

Ribet ya, masalah buka puasa aja kok pakai diatur-atur. Memang ribet, tapi saya sudah pernah mencoba kalau buka puasa dengan cara ini dan cara yang ngegas langsung makan sebakul nasi. Kalau buka puasa langsung makan banyak, badan tuh rasanya jadi kayak pegal-pegal (Ibu saya bilangnya ngethok-ngethok) seperti nyeri-nyeri dipersendian dan tulang yang bikin badan mendadak (TEKLEK) lemas dan lunglai.

Coba deh bikin perbandingan cara buka puasa yang ribet ini dengan yang langsung ngegas. Terus cerita di komentar ya pengalamannya bagaimana. Kepo saya tuh.

Sekian postingan pertama untuk BPNRamadanChallenge yang diadakan oleh Blogger Perempuan. Semoga bisa tetap lancar ngeblog sampai 30 hari kedepan. 

I’ll see you on the next post

1 comment:

  1. Kalau aku takut minum infused water (biasanya lemon) dalam keadaan perut kosong mbak, takut perih perutnya, ehh ternyata aku salah ya.

    ReplyDelete