Wednesday 1 March 2017

Resep Hot Fire Chicken

Hello peeps,

Ini post pertama saya tentang resep makanan. Sekalian saya mau umumin kalau blog ini nantinya juga akan berisi beberapa resep yang pernah saya coba. Semua resep akan saya post dengan label Recipes, ya. Sebisa mungkin saya hanya akan share resep yang sudah saya coba, jadi teman-teman juga bisa nyobain tanpa takut gagal.

Resep kali ini saya mau share makanan kesukaan saya dan suami yaitu hot fire chicken. Ide awalnya sih saya pengen bikin semacam Ayam pedas Korea gitu, tapi sayanya enggak punya gochujang atau saus pedas Korea. Meskipun tanpa bahan yang asli, saya pakai resep modifikasi sendiri. Rasanya? Enak, enggak kalah sama yang dijual di resto *muji diri sendiri*.

Untuk membuat hot fire chicken ini kuncinya adalah telaten dan sabar waktu buat ayam krispinya. Jujur, saya suka enggak sabar waktu tahap ini soalnya buat ayamnya "keriting" itu harus telaten dan juga gorengnya juga lumayan lama dengan api kecil. Kalau tidak begitu ayamnya akan gosong diluar tapi bagian dalam masih mentah. EEWW, salmonella.

Biar lebih mudah, teman-teman bisa buat dulu ayam krispinya, goreng setengah matang, lalu masukin kulkas. Waktu mau disantap, tinggal goreng lagi ayamnya dan baluri dengan saus pedas. Cara ini pas banget buat menu sarapan pagi-pagi atau buat bekal biar enggak ribet.

Resep Hot Fire Chicken
Resep Hot Fire Chicken

Resep Simple Hot Fire Chicken

Bahan-bahan:

1/2 kg ayam

Bahan kering:

100 gr tepung terigu atau bisa juga pakai tepung bumbu serbaguna
1 sdm bubuk cabe
2 sdt merica hitam bubuk
2 siung bawang putih (bisa diganti yang bubuk)
Sedikit garam/penyedap rasa

Bahan basah:

75 gr tepung terigu
1 siung bawang putih cincang
1/2 sdm bubuk cabe
1/2 sdm ketumbar bubuk
Air secukupnya
Garam/penyedap rasa secukupnya

Bahan rendaman ayam:

2 siung bawang putih, cincang
2 sdm kecap asin
1/2 sdm cabai bubuk
1 sdt merica hitam bubuk
1 sdt ketumbar bubuk
Garam/penyedap rasa secukupnya

Bahan saos pedas:

3 sdm saos tomat
3 sdm saos sambal
2 sdm kecap manis
1 sdt minyak wijen
1 sdm bubuk cabak (boleh ditambah bila suka pedas)
3 siung bawang putih, cincang
5 buah cabe rawit
Gula, garam, merica, dan penyedap sesuai selera
Air secukupnya
1 sdm mentega
Daun bawang iris secukupnya.

Cara Membuat:

Ayam krispi:
1. Rendam ayam yang sudah dipotong-potong dengan bahan rendaman. Sisihkan minimal 30 menit atau lebih.
2. Selama menunggu ayam, campur semua bahan basah dan bahan kering dalam wadah terpisah.
3. Setelah 30 menit, masukkan ayam yang telah dimarinasi kedalam bahan basah. Aduk rata hingga semua ayam terbalut dengan tepung.
4. Lalu masukan ayam ke tepung kering dan remas-remas hingga keriting. Kalau perlu ulangi step 3 bila dirasa tepung kurang tebal.
5. Goreng ayam dalam minyak banyak hingga golden brown.

Saos:
1. Campur semua bahan untuk saos pedas kecuali cabe rawit dan bawang putih dalam satu wadah. Aduh hingga rata dan koreksi rasa.
2. Panaskan minyak diwajan, tumis bawang putih cincang hingga harum, masukkan cabe rawit. Aduk rata.
3. Masukkan saos yang sudah diaduk rata, tambah air. Tunggu hingga mendidih dan mengental. Koreksi rasa bila perlu.
4. Setelah saos mendidih dan kental masukkan mentega dan daun bawang iris lalu masukkan ayam krispi dan matikan kompor. Aduk cepat sampai rata dan ayam siap disantap.

Note: 

  • Saya biasanya menggunakan ayam yang dipotong kecil-kecil agar cepat matang waktu digoreng.
  • Jumlah cabai dan bubuk cabe bisa dikurangi atau ditambah sesuai dengan selera. Bubuk cabe juga bisa diganti dengan cabai merah giling. 
Bahan-bahannya memang terlihat panjang, tapi percayalah resep ini mudah banget bikinnya dan enggak perlu pakai bahan yang ribet. Saya suka hot fire chicken ini apalagi buat sarapan atau bekal, praktis dan simpel. 

See you on the next recipes, peeps. 

XOXO



0 comments:

Post a Comment