Thursday 15 April 2021

A Blog and Why You Should Set Clear Goals

Mungkin saya termasuk orang yang insecure dengan masa depan. Karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dalam waktu-waktu mendatang membuat perasan menjadi cemas, termasuk untuk masa depan blog ini. 

Ketika awal membuat blog ini, harapan terbesar saya untuk blog ini adalah bisa masuk ke dalam halaman pertama di search engine, mempunyai banyak pengikut, dan bisa menghasilkan rupiah dari blog ini. Tapi seiring waktu harapan saya untuk blog ini juga ikut berubah. Bila dulu saya bekerja keras agar bisa terdaftar Google Adsense. Tapi sekarang saya berharap bisa payout dari Google Adsense yang sulitnya melebihi ketika mendaftar. Serius. Meningkatkan penghasilan dari Google Adsense itu ternyata lebih sulit daripada waktu mendaftar, lho. 

Sebenarnya mengapa sih harus mempunyai goal atau harapan untuk blog? Bukannya menulis blog ini hanya sebagai hobi alias bersenang-senang. Yes, in general, it is a hobby, tapi ada yang lebih dari sekedar menulis untuk blog saja. 

Blog bisa berkembang

Awalnya menulis blog memang hanya untuk sekedar hobi saja. Bahkan daftar Google Adsense juga iseng-iseng berhadiah. Tapi serius, tanpa harapan dan goal, blog tidak akan bisa berkembang. Kamu hanya akan stuck disitu-situ saja dan menulis dalam zona nyaman saja. Kalau kamu ingin blog bisa masuk ke halaman pertama search engine, you have to work for it

Kalau harapanmu ingin diterima Adsense, cari tahu apa yang harus dilakukan agar blog mempunyai kualifikasi yang diinginkan. Bila ingin payout dari iklan, konsisten menulis sehingga pengunjung semakin banyak. Tanpa harapan, blog hanya akan berjalan ditempat dan tidak ada perkembangan. 

Menjadi lebih termotivasi

Pernah merasa stuck atau buntu ketika menulis untuk blog? Itu karena kamu hanya sekedar menulis saja tanpa ada tujuan yang jelas. Harapan atau goal memberikan tujuan untuk blog sehingga kamu bisa tahu blog ini mau dibawa kemana dan dijadikan seperti apa.

Selain membuat blog lebih berkembang, harapan membuat kamu lebih termotivasi untuk menulis. Jujur sih menulis juga membutuhkan inspirasi dan mood yang baik. Salah satu sumber inspirasi dan mood datang dari harapan. Ketika kamu membuat goal untuk blog, kamu akan lebih termotivasi sehingga bisa membuat blog menjadi lebih baik. 

Harapan untuk Pretty and Moody

I've said it, a blog has to have goals. Untuk sekarang saya tidak ingin membuat harapan yang terlalu berlebihan mengingat blog ini baru aktif lagi. Tapi saya ingin konsisten menulis seperti dulu lagi sehingga bisa payout dari Google Adsense. Well, it not about the money, actually. Tapi tentang aktif menulis dan foto-foto yang menurut saya sangat menyenangkan. 

I don't really care about being in the first page in search engine, though. Karena ada lebih banyak website besar yang mendominasi. Tapi setidaknya saya bisa membagikan tulisan-tulisan yang bermanfaat untuk pembaca setia blog Pretty and Moody. 

0 comments:

Post a Comment