Thursday 18 October 2018

Cleansing Routine - Begini Caraku Membersihkan Wajah

Cleansing routine, pretty-moody.com, double cleansing, triple cleansing
Cleansing routine
Pernah dengar istilah 'Double Cleansing'? Itu loh yang membersihkan wajah dalam dua langkah biar kulitnya kinclong macam artis Korea Selatan.

Saya termasuk pengikut garis keras double cleansing routine ini bahkan bisa triple cleansing. Terlebih setelah pakai full makeup dan bepergian atau sekedar pakai sunscreen, pasti saya selalu membersihkan wajah dua kali. Mungkin beberapa dari teman-teman ada yang cukup menggunakan micellar water saja untuk membersihkan wajah. Saya sih enggak akan kemakan iklan yang gembar-gembor bersih dalam sekali usap. Masa iya foundation dan bedak aja bertumpuk-tumpuk, membersihkannya cuma sekali langkah. Yang ada foundation 'ngendog' di dalam pori-pori.

Kenapa sih harus double/triple cleansing?

Memang sih double/triple cleansing itu ribet, tapi enggak mau kan foundation atau bedak bersarang di dalam pori-pori. Jadinya bisa jerawatan, bruntusan, dan komedoan. Masalahnya adalah setiap hari kulit menghasilkan minyak alami. Nah, perpaduan minyak alami di kulit dengan makeup, debu, dan juga polusi bisa menutup pori-pori dan membuat wajah kusam.

Istilah double cleansing sendiri pertama kali dipopulerkan oleh skincare asal Jepang yang intinya adalah dua langkah pembersihan. Langkah yang pertama adalah menggunakan pembersih wajah berbasis minyak atau air dan yang kedua menggunakan sabun wajah. Tapi kalau cara saya double cleansingnya begini.

Baca juga: Review Himayala Whitening Facial Wash

First step: Cleansing milk

first Cleansing routine, pretty-moody.com, double cleansing, triple cleansing, first cleanser
First Cleansing routine
Langkah pertama saat membersihkan wajah adalah dengan menggunakan cleansing milk. Itu lho pembersih wajah yang seperti cream dan biasanya dilengkapi dengan toner penyegar. Tapi, saya enggak cocok dengan yang model begituan dan lebih cocok dengan yang model cleansing milk all in one alias satu langkah. Favorit saya adalah Viva all in one cleansing milk varian soybean. Pernah coba yang yogurt karena kepepet tapi untungnya tetap cocok-cocok aja. Reviewnya sudah ada tinggal cek aja.

Baca juga: Review Viva All In One Face Cleanser

Second step: Micellar Water

  Second Cleansing routine, pretty-moody.com, second cleansing, double cleansing
Second Cleansing routine
Sebenarnya setelah pakai cleansing milk all in one sudah bisa langsung pakai sabun wajah. Tapi, saya enggak marem kalau enggak pakai semacam toner penyegar gitu. Nah, masalahnya sejauh ini saya enggak pernah cocok dengan toner penyegar yang dua langkah. Sudah pernah coba beberapa merk tapi hasilnya sama saja, bikin jerawatan. Akhirnya saya akalin pakai micellar water. Eh, lha kok malah cocok dan baik-baik saja. Ya wes lah micellar water saya pakai sebagai ganti toner penyegar. Favorit saya dari Garnier tapi varian yang biasa aja, yang pink. Dua-duanya sudah ada reviewnya juga, intip saja.

Baca juga: Review Garnier Oil-Infused Cleansing Water , Review Garnier Micellar Water Pink

Third Step: Face Wash

Third Cleansing routine, pretty-moody.com, double cleansing, third cleansing
Third Cleansing routine
Langkah yang terakhir adalah menggunakan sabun wajah. Terkadang setelah pakai cleansing milk dan micellar water, ada rasa kurang bersih kalau belum dibilas dengan air. Ye kan? Makanya untuk menyempurnakan pembersihan, saya pakai face wash paling akhir. Pilihan face wash favorit saya yang melembabkan dan enggak bikin kulit kasar. Yang saya pakai sekarang Hada Labo gokujyun whitening face wash. Pernah pakai Dove face wash dan enak tapi sudah habis.

Baca juga: Review Dove Facial wash, Review Hada Labo face wash

Oh iya, langka pembersihan ini hanya untuk wajah ya. Kalau untuk menghapus makeup mata dan bibir, tetap pakai makeup remover khusus atau micellar water. Setelah mencuci muka, lanjutkan perawatan dengan skincare seperti biasanya.

Hasilnya?

Sejak saya menerapkan rutinitas double cleansing, kulit saya jadi jarang jerawatan atau bruntusan dan komedo juga menipis. Mungkin karena enggak ada residu makeup, debu, atau kotoran yang menempel di pori-pori. Selain itu, kulit rasanya bersih meskipun enggak kesat atau kencang.

Yang terpenting dari double cleansing adalah pilih produk pembersih yang memang cocok untuk jenis dan kebutuhan kulit kamu. Saya pernah ngikut-ngikut orang buat pakai olive oil sebagai pembersih wajah. Akhirnya saya harus rela berjerawat selama beberapa waktu dan bekasnya enggak hilang sampai sekarang.

Ribet ya? Emang ribet sih. Kadang mata udah lima watt tapi wajah masih kaya topeng. Mau enggak mau ya harus dibersihkan dulu daripada harus berhadapan dengan jerawat. Kalau kamu biasa pakai ritual double cleansing juga? Share ya di kolom komentar.

See you on the next post



12 comments:

  1. Aku juga ribet bersihin wajah kalo makeup haha. Kalo aku malah kebalikan sama kamu, pakai micellar water dulu buat angkat makeup waterproof trus sisanya pake milk cleanser buat kayak foundation yang masih tersisa gitu, baru cuci muka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang sis ribet lha daripada jerawatan dan keriput loh. Apapun metodenya sih yang penting bersih. ye kan...

      Delete
  2. Biasanya kalau malam sudah tiba, mata udah berat jadi males bersihin muka. Apalagi kalau sudah rebahan di kasur duh makin males hehe. Tapi harus ingat kalau gak dibersihin nanti timbul jerawat deh huhu. Pernah nih salah beli pembersih muka, recomended dari teman ternyata gak cocok dimuka. Akhirnya timbul jerawat deh huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget tuh, walaupun ngantuk-ngantuk tetep harus bangun lagi buat bersihin muka. Tapi skincare emang cocok-cocokan yes, di temen cocok pas kitanya nyobain ternyata gak cocok. Sakitnya tuh dimana-mana.

      Delete
  3. Aku penasaran pengen coba cleansing mlik-nya Viva yang itu. Bolak-balik nemu di supermarket tapi belum sempet beli. Kalo dari teksturnya lebih enak mana dibanding milk cleanser yang biasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja sepertinya, tapi yang all in one ini aroma alkoholnya kenceng banget.

      Delete
  4. Aku pakai juga Fanbo acne solution & micellar oilnya garnier mbak. Kmrn baru banget viva all in one yg yougurt tp blm aku pake, nunggu sariayu milk cleansernya abis dulu hehehe,

    ursula-meta.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fanbo acne solution enakkah dipakai? Aku belum coba padahal cuma baru ku foto-foto

      Delete
  5. Tapi hasil ngga boong ya mba, dulu saya pake Viva, sekarang pake ovale cleansing Gel,facial foam/wash organic dan foreo!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak emang ribet dikit tapi sekarang udah jarang jerawatan

      Delete