Sunday 14 October 2018

Review Mineral Botanica Air Cushion Foundation Matte Finish - Cushion Lokal yang Murah

Review Mineral Botanica Air Cushion Foundation Matte Finish, mineral botanica, pretty-mood.com
Review Mineral Botanica Air Cushion Foundation Matte Finish
Sudah ada yang pernah pakai cushion merk lokal?

Cushion merk lokal tuh memang belum banyak tapi sudah mulai bermunculan. Duh, senang ya kalau kosmetik lokal sudah mulai berinovasi. Enggak kalah deh sama kosmetik dari luar negeri. Jujur saja, saya tidak terlalu berani mencoba-coba kosmetik complexion macam cushion atau foundation. Kenapa? Karena khawatir enggak cocok warnanya dan juga takut jerawatan.

Tapi kemarin kebetulan DD Cream lagi habis dan enggak mau repurchase brand yang sama, saya jadi memutuskan untuk membeli cushion. Dari beberapa brand cushion lokal, pilihan saya jatuh pada cushion merk lokal ini. Mungkin banyak yang heran yah kenapa enggak beli cushion Korea aja pilihannya banyak. Tapi, saya ragu kalau cushion Korea soalnya shadenya enggak terlalu cocok sama warna kulit orang Indonesia.

Baca juga: Review Ranee Beauty Blender

Cushion Mineral Botanica yang saya beli ini sebenarnya bukan produk yang baru ya. Bahkan sudah launching dari beberapa tahun yang lalu. Selain itu, cushion Mineral Botanica ini juga tersedia dala dua jenis yaitu matte finish dan slight dewy finish. Saya sih sebenarnya pengen yang slight dewy finish tapi shade yang saya mau enggak ada. Jadilah pilih matte finish. Apa? Matte finish untuk kulit kering? Yes, I know its insane but it is not that horrible. Mau tau kenapa? Yuk lanjut baca

Mineral Botanica Air Cushion Foundation Matte Finish - Shade Beige

Review Mineral Botanica Air Cushion Foundation Matte Finish, pretty-moody.com
Review Mineral Botanica Air Cushion Foundation Matte Finish

Kemasan:

Dari segi kemasan, cushion MiCa ini mirip dengan kemasan cushion kebanyakan dan tidak ada yang aneh. Bentuknya compact, lengkap dengan kaca, penutup cushion, dan juga bantalan cushionnya. Kalau dibanding dengan compact powder, kemasan cushion ini memang sedikit lebih besar dan lebih gendut. Tapi masih okelah kalau dibawa travelling.

Kemasan cushion ini terbuat dari plastik dengan warna putih yang akan cepat kotor saat tanganmu kotor. Dan ada printing brand di bagian depan dengan aksen sedikit timbut tapi kayaknya lama-lama tulisan itu bakalan pudar dan hilang.

Baca juga: Review L'oreal White Perfect Clinical Series

Struktur cushion ini juga sama dengan cushion lain dengan sponge untuk mengambil foundation dan juga sekat antara sponge aplikator dan foundationnya. Saya enggak tahu untuk cushion lain, tapi rasanya sekat cushion MiCa ini agak seret gitu. Selain itu, foundationnya juga dilapisi dengan plastik segel yang menandakan kalau produk tersebut masih baru dan belum pernah dipakai. Selain segel plastik di bantalan cushion, bagian kaca juga ada segelnya tipis. Saya sempet kaget waktu pas pertama kali buka. Lho, kok kacanya buram. Eh ternyata ada sticker segel tipis yang melindungi kaca. Duh, Ndesa banget yak. Ukuran kacanya juga besar dan lega banget.

Review Mineral Botanica Air Cushion Foundation Matte Finish, pretty-moody.com
Review Mineral Botanica Air Cushion Foundation Matte Finish
Air cushion MiCa ini dilengkapi dengan box warna senada dengan berbagai keterangan di boxnya. Selain itu, untuk memastikan produknya, box dilapisi dengan plastic seal dan cushionnya juga dilengkapi dengan plastic seal. Double seal-lah istilahnya. Yang saya suka bagian dalam boxnya ada semacam printing gitu yang girly dan cute banget tapi lupa saya fotoin.

Ingredients dan Klaim

Mineral Botanica Air Cushion Foundation ini mempunyai beberapa manfaat yaitu:
  • Melembabkan dan menghidrasi
  • UV protection
  • Pollution protection
  • Mencerahkan wajah 
  • Menyerap kelebihan minyak
  • Mudah diaplikasikan lagi
  • Memberi efek matte
  • Complete Coverage
Review Mineral Botanica Air Cushion Foundation Matte Finish, pretty-moody.com
Review Mineral Botanica Air Cushion Foundation Matte Finish
Meskipun cushion ini termasuk jenis matte finish, tapi dia tetap menghidrasi dan melembabkan. Makanya kulit saya yang kering masih bisa banget pakai ini. Selain itu yang perlu diperhatikan juga adalah cushion MiCa ini tidak mengandung SPF dan hanya UV protection. Di daftar ingredient terdapat Zinc Oxide yang berfungsi sebagai UV protection. Jadi, wajib pakai sunscreen dulu ya sebelum pakai cushion ini. Eh tapi saya selalu pakai sunscreen terpisah bahkan bila kosmetik sudah mengandung SPF. Enggak lega aja kalau cuma mengandalkan SPF dari kosmetik. 
Cushion ini masih mengandung alkohol meskipun terdapat di bagian tengah list ingredients. Tapi, cushion ini tidak mengandung paraben. Itulah mengapa saya suka Mineral Botanica karena sebagian besar produknya bebas paraben. Selain itu, cushion ini tidak mengandung parfum. Hello, parfumeless cosmetic. Kosmetik dan skincare yang tidak mengandung parfum itu tingkat iritasinya rendah, jadi cocok untuk kulit sensitif sekalipun.

Aplikator

Review Mineral Botanica Air Cushion Foundation Matte Finish, pretty-moody.com
Review Mineral Botanica Air Cushion Foundation Matte Finish
Sama seperti cushion lain pada umumnya, cushion MiCa ini juga sudah dilengkapi dengan sponge aplikator. Kualitas aplikatornya juga bagus, spongenya tebel tapi lembut dan enak buat nge-blend. Tapi setelah satu kali dipakai, sponge akan sangat terlihat kotor dan harus rajin dicuci karena warnanya putih. 

Performa dan Tekstur

Air cushion lokal ini punya tekstur yang cair tapi tidak se-cair liquid foundation. Teksturnya masih antara cair dan creamy, jadi sangat mudah untuk di-blend. Selain itu juga tidak ada aroma menyengat dari cushion ini meskipun tidap mengandung parfum. Jadi aromanya ya biasa aja, tidak ada aroma wangi ataupun bau-bau kimia.

Cushion foundation ini memang jenisnya matte finish tapi enggak yang matte kering gitu. Masih bisa dipakai untuk kulit kering. Awalnya saya juga ragu pakai ini karena takut nanti akan cakey atau terlihat dempul banget. Eh, tapi nyatanya bagus-bagus saja dipakai di kulit kering saya asalkan sebelumnya pakai pelembab dulu banyak-banyak. Kulit masih terasa lembab kenyal saat pakai cushion ini.

Review Mineral Botanica Air Cushion Foundation Matte Finish, pretty-moody.com
Review Mineral Botanica Air Cushion Foundation Matte Finish
Dari segi performa, cushion ini bisa tahan hingga 6 jam-an. Bahkan, setelah kulit sedikit berkeringat malah akan tampak glowy sehat gitu. Kemarin saya sempat pakai buat jalan-jalan ke tempat wisata dan panas-panasan, tapi foundationnya tetap stay dan tidak leleh.

Review: Lakme Lip Pout Shade Victorian Rose

Setahu saya cushion ini tersedia dalam 4 warna dari yang paling terang hingga gelap. Punya saya ini shade beige atau shade tengah-tengah. Kalau dilihat sekilas di sponge cushion memang seperti gelap, tapi pas diaplikasikan di wajah saya bisa pas banget, enggak terlalu putih ataupun gelap. Seneng saya tuh, baru kali ini saya nemu foundation yang warnanya benar-benar nyatu sama kulit. Seringnya sih foundation selalu lebih terang.

Review Mineral Botanica Air Cushion Foundation Matte Finish, pretty-moody.com
Review Mineral Botanica Air Cushion Foundation Matte Finish
Air cushion foundation ini punya coverage medium karena bisa menutupi bekas-bekas jerawat meski masih ada samar-samar nampak. Not a big deal, tinggal timpa saja pakai concealer. Beres. Tapi, pemakaian foundation ini menurut saya juga agak tricky karena kalau kebanyakan pakai akan terlihat cakey dan dempul. Terutama di bagian ujung hidung. Selain itu setelah diaplikasikan ke wajah juga harus cepat-cepat di-blend biar enggak kering.

Overall, saya suka dengan Mineral Botanica Air Cushion Foundation ini; warnanya bagus, kemasan bagus, tanpa parfum, dan performa juga bagus. Dan meskipun harganya cukup lumayan untuk cushion lokal, tapi untuk cushion harga di bawah 200 ribu, MiCa ini masih bagus banget. Enggak kalah kok dari produk luar negeri.

Kamu punya cushion andalan? Share yuk cushion andalan kamu.

See you on the next post. Bye.




16 comments:

  1. Ini cushion asli Indonesia yg pertama muncul kalo gak salah. Dulu sempet bingung mau beli ini apa missha, akhirnya aku beli yg missha dan nyesel ternyata cushion yg sempat terlewatkan sebagus itu😭

    shyningblogger.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini cushion pertama dari brand lokal dan memang bagus. Belum kasep kok kalo mau coba..

      Delete
  2. Aku juga uda lama tahu, tapi masih meragu belum coba ,kalo liat kacanya segede itu, aku jadi pengen

    www.strawberrymisire.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng yak kalo liat kaca gede,, lega gitu buat ngaca..

      Delete
  3. pengetahuanku tentang cushion sangatlah minim, dan bbrp waktu yang lalu pengen banget beli cushion akhirnya beli laneige. tapi nyesel banget huhu karena keputihan dan terlalu dewy untuk kulitku yang berminyak. seandainya aku tahu cushion ini lebih awal T.T

    *maaf curhat*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, yang begini pasti bikin nyesek. Sakitnya tuh dimana-mana. Tapi belum kasep kok kalau mau coba.

      Delete
  4. Wow cakeo banget jadibpengen punya juga nih, salam kenal

    ReplyDelete
  5. Belinya di mana mba? Kmren2 aku nyari2 tapi yang ada stoknya yang dewy gtu. Ga banyak yang jual versi matte ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, aku beli di Toko Raya Malang. Di sini malah yang ada matte semua, pengen yang dewy tapi stok kosong. Mungkin bisa beli di online shopnya Mineral Botanica

      Delete
  6. aku belum pernah coba cushion, ini lagi cari2 merk yg bagus kualitasnya tapi harganya ga terlalu mahal.. thanks rekomendasinya

    ReplyDelete
  7. Mau nyobain cushion ini tapi maju mundur terus 😂

    ReplyDelete
  8. Klo buat kulit wjh q yg berminxak d daerah T gtu bgusnx pke cushion ap y mbk..mksh🙏

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete