Tuesday 30 October 2018

Cara Mudah, Murah dan Anti Ribet Membersihkan Kuas Makeup

Cara mudah dan murah mencuci kuas makeup, pretty-moody.com
Cara mudah dan murah mencuci kuas makeup
Berapa kali sih idealnya membersihkan kuas makeup? Seminggu atau sebulan sekali? Atau malah setiap tanggal 1 Suro?

Saya termasuk yang geli kalau pakai kuas kotor, apalagi kuas foundation. Makanya saya selalu cuci kuas foundation dan concealer setiap habis dipakai. Kalau kuas eyeshadow biasanya satu minggu sekali. Tapi saya punya cara membersihkan kuas makeup yang unik tapi mudah dan murah. Sekarang saya mau share gimana caranya membersihkan kuas makeup dengan mudah ala saya yang murah meriah ini. Keep on reading ya.

Baca juga: Review Trisia Lipcream dan Pensil Alis

Cara mudah dan murah mencuci kuas makeup, pretty-moody.com
Cara mudah dan murah mencuci kuas makeup

Alat dan bahan:

Alat yang biasanya saya gunakan untuk membersihkan kuas makeup adalah centong nasi. Yes, saya pakai centong nasi yang ada gerigi sebagai ganti dari brush cleansing pad. Memang alat khusus untuk membersihkan makeup juga ada, tapi saya rasa bentuknya hampir mirip dengan centong nasi, yaitu bergerigi sebagai bantalan untuk membersihkan kuas. Saya biasanya memang sengaja menyisihkan centong nasi khusus untuk mencuci kuas dan enggak dipakai buat ambil nasi. Nanti dimarahin emak lah kalau pakai yang ada di dapur. Harganya juga jauh lebih murah daripada brush cleansing pad, tapi selama fungsinya sama, ya ngapain beli yang mahal. Ye khan?

Selanjutnya, saya biasa menggunakan shampoo bayi untuk membersihkan kuas. Tidak ada alasan khusus sih, Cuma biasanya shampoo atau produk bayi aromanya seger gitu. Teman-teman juga bisa pakai sabun lain misalnya sabun cair atau sabun khusus untuk mencuci kuas. Bahkan pakai sabun cuci piring juga bisa, asal suka aja sama bau lemon gitu.

Kiri - sudah dicuci -- Kanan - Belum dicuci

Cara mencuci kuas:

Setelah semua alat dan bahan sudah terkumpul, kemudian basahi bagian bulu kuas. Basahi ujungnya aja ya jangan samapi kena sambungannya karena bisa membuat bagian lem kuas mudah copot. Kemudian tuang sabun ke atas centong nasi dan gosok-gosokkan kuas basah di atasnya. Bisa ulangi step ini sampai dirasa bersih atau busanya sudah tidak butek lagi. Kemudian cuci kuas di air mengalir sambil di peras ringan. Dan keringkan kuas dengan cara diangin-angin saja.

Baca juga: Review Lipcream dan Bulumata Sulamit Cosmetics

Apakah dengan cara ini kuas bisa bersih?

Saya sudah pakai cara ini dari pertama kali punya kuas. Kombinasi antara centong nasi dan shampoo bayi membuat kuas kotor kembali bersih. Gimana mudah kan dan murah lagi. Beneran bersih loh pakai cara ini soalnya gerigi di centong nasi membuat kuas lebih cepat bersih. Bisa dilihat digambar di atas perbedaan yang sudah dan belum dicuci. Bersih kan? 

Kalau kalian gimana cara membersihkan kuas makeup? Jangan lupa share ya di komentar.


See you on the next post.  

8 comments:

  1. Woaaa thank you berat ya mba, mantul nih nanti saya mau beli centong nasi yang baru hihi

    ReplyDelete
  2. Infonya sangat bermanfaat. Terimakasih ya mbak

    ReplyDelete
  3. selama ini nggak kepikiran buat pakai centong nasi jadi pengganti cleansing mat. padahal tekstur permukaannya mirip yah. thank you tipsnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah selama ini enggak kepikiran pakai cleansing mat. Malas belinya. hehehe

      Delete
  4. Kalau aku cuci kuas sebulan sekali sih hahahah. Kalau aku biasa rendam kuas pake facial wash mbak trs bersihin pakai brush cleansing pad, jemur hehe. Sejauh ini aku blm berani pakai sampo bayi mbak, takut aja sampo bayinya ga cocok ci wajahku karna kuasnya kn pakenya di wajah, cari aman aku pakai facial wash yg udah pasti cocok di wajahku haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah enggak pernah rendam kuas. Takut lem sambungan kuas gampang copot..

      Delete