Monday 26 November 2018

5 Warung Favorit yang Pernah Saya Coba



Topik hari ke-7 ini sangat menantang bagi saya. Temanya tentang warung/restoran favorit yang sebenarnya mudah. Tapi masalahnya adalah saya ataupun suami bukan tipe yang sering jajan diluar. Kalaupun makan diluar, saya juga sangat jarang bahkan hampir enggak pernah ambil foto makanan ataupun foto restorannya. Makanya saat ada tema ini, saya jadi mikir kalau saya lebih sering makan di rumah atau bawa bekal sendiri.

Tapi demi #BPN30DayChallenge, saya ubek-ubek galeri sampai instagram dan akhirnya nemu beberapa foto makanan dari warung favorit. Yah, meskipun fotonya hanya beberapa, semoga masih berkenan membaca post ini. Oh ya, foto juga bisa dilihat di instagram saya ya.

#1 Tahwa Mas Agus, Malang


Tahwa adalah salah satu jenis minuman dengan kuah jahe dan puding tahu atau tofu curd. Minuman ini cocok banget diminum saat cuaca dingin seperti Malang yang sedang hujan-hujan begini. Di Malang pun enggak banyak yang jual tahwa ini, salah satunya di Tahwa Mas Agus, di jalan Aris Munandar. Harganya murah, cukup 6 ribu saja satu mangkok tapi bisa bikin badan anget.

#2 Bakmi Doring, Jogja


Tahun lalu saya ke Jogja dan akhirnya punya kesempatan nyobain bakmi asli Jogja. Lokasinya ternyata deket sama rumah sodara di Jalan Suryowijayan. Menunya berkisar bakmi goreng, kuah, sama nasi goreng. Kesukaan ayah saya adalah bakmi kuah, tapi saya lebih suka bakmi goreng. Tapi, yang lebih saya suka adalah teh poci. Tehnya disajikan dalam poci dengan dua gelas kecil dan gulanya adalah gula batu. Aroma tehnya wangi banget dan gula batunya juga manis legit. Sedaplah pokonya.

# 3 Soto Basket, Malang

Soto basket malang ini adalah salah satu soto legendaris yang ada di Malang. Soto ini sudah ada sejak tahun 1951 dan sudah menjadi favorit ayah saya dan sekarang jadi favorit sekeluarga. Lokasinya ada di jalan Pasar Besar dan warungnya pun kecil banget, bukan seperti restoran gitu. Tapi percayalah satu mangkok enggak akan cukup kalau makan di Soto Basket ini. Sayang banget saya enggak ada fotonya, karena setiap kali kesini langsug makan aja dan lupa sama handphone atau kamera.

#4 Bakso Urat Wlingi


Saya adalah penggemar bakso, maklumlah orang Malang. Tapi salah satu favorit saya adalah bakso urat Wlingi, Blitar. Lokasinya di jalan raya Blitar-Malang. Yang saya suka dari bakso ini adalah kuahnya bening dan segar dan tekstur baksonya juga kres-kres enak. Maafkan fotonya adalah foto lama nemu di IG, tapi rasanya tetap enak kok sampai sekarang. 

#5 Ayam Ingkung Bu Sutini, Malang

Kalau yang ini adalah menu ayam favorit saya. Lokasi Ayam Ingkung Bu Sutini ini ada di Jalan Danau Bratan, Sawojajar Malang. Menunya enggak seperti ayam lalapan pada umumnya karena dilengkapi dengan sayur urap, trancam, orem-orem tahu tempe, dan juga sambel. Komplit pokoknya dan harganya juga masuk akal. Satu porsi ayam ingkung potong komplit sama sayur Cuma 20 ribu saja. Selain itu desain restorannya juga unik banget, macam model desain jadul gitu. Sayang enggak punya fotonya karena pas kesana udah malam jadi cahayanya kurang bagus. Tapi wajib banget dicoba kalau lagi main ke Malang.

Ini pertama kalinya saya buat post tentang warung atau restoran favorit. Meskipun beberapa enggak ada gambarnya, tapi semua sudah pernah saya cobain kok. Dan rasanya juga enak banget meski bukan kelas restoran mewah. Jangan lupa dicoba ya kalau ke Malang.

I’ll see you on the next post. Bye.


12 comments:

  1. Wahhh tertarik coain ayam ingkungnya! bolak balik ke Malang makannya itu itu aja karena nggak tau yg enak lainnya apa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain mbak ini enak beneran. kalau keluarga saya biasanya beli utuh satu ekor ayam gitu.

      Delete
  2. Orang Malang memang nggak bisa jauh-jauh dari bakso ya, Mba hihi ipar saya tinggal di Malang dan beberapa kali ke sana selalu puas dengan kulinernya. Ini yang bikin penasaran Tahwa deh! Dulu waktu kecil suka ada yang lewat gitu di depan rumah. Sekarang udah nggak pernah ada yang jualan beginian. Tiap ke Malang cuma makan Angsle, kayaknya musti dianterin makan Tahwa nih hahaha

    Makasih ya mba reviewnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba mbak, tahwanya cocok banget sama udara malang yang dingin hujan gini.

      Delete
  3. TAHWAAAA... Ya Allah.. kangen banget sama ini. Kalau pulang ke Malang aja nih baru bisa minum. Sayangnya di Bogor gak ada

    ReplyDelete
  4. Uwoo malanggg, kebetulan aku baru pindah malang dan belom nemu warung makan favorit huhu..
    Anw, aku juga jadi penggemar bakso lhooo, soalnya baso yang lewat depam rumah ada banyak dan semuanya enak dan semuanya murah aaaak dah kaya surga ajaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, selamat datang di Malang mbak. Di Malang kalau enggak coba bakso rugi banget mbak. Banyak yang enak soalnya.

      Delete
  5. Wahhh bookmarked dulu deh next time ke Jogja aku akan coba rekomendasinya, thanks mbak for sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bakmi ini bikin saya kangen terus sama jogja, apalagi teh pocinya. duh di rumah enggak ada.

      Delete
  6. Bakso malang asli makan di malang lebih maknyus apalagi bakso malang gerobak keliling enaaaak, jadi kangen malang

    Salam kenal mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak emang khas nya bakso malang. rugi kalau ke malang enggak nyobain baksonya.

      Delete