Thursday 22 November 2018

A Blog Name: What is it About?


Apalah arti sebuah nama?

Meskipun bukan sedang memilih nama bayi atau nama yang lain, pemilihan nama blog juga tidak bisa sembarangan. Bagi saya blog itu semacam halaman identitas atau personal branding dimana orang akan melihat saya dari nama blog. Sama halnya dengan username pada sosial media, nama blog menjadi semacam nama online yang akan membuatmu dikenal orang banyak.


Jadi, milih nama blog itu enggak bisa sembarangan ya?

Ya jelas bebqu. Kalau memang blognya mau dijadikan sebagai salah satu personal branding atau portfolio. Sebenarnya tidak ada aturan harus nama yang bagaimana, tapi setidaknya nama blog harus mencerminkan niche atau personality kamu aja. Jadi enggak perlu mikir jauh-jauh atau sampai pakai nama-nama super aneh dan susah dieja. Yang terpenting lagi adalah nama blog harus mudah diingat atau tidak menggunakan bahasa asing yang tidak benyak diketahui orang banyak. Lha wong pakai bahasa Inggris aja masih banyak yang enggak paham, jangan sok-sokan pakai bahasa Thailand lah. Kasihan followernya kalau mau nyariin blog kamu.

Tentang blog Pretty and Moody

Nah, untuk nama blog ini sendiri saya juga sudah memikirkan filosofinya dengan mendalam. Ceile. Tapi iya loh, mencari namanya aja susah, yang lebih susah adalah mengecek bila nama blog masih tersedia atau enggak. Seringnya sudah dapat nama bagus, tapi ternyata enggak tersedia. Zonk kan.

Kata ‘Pretty’ ini saya ambil dari niche utama dalam blog ini yaitu beauty. Dan Pretty adalah sinonim dari kata beauty kan. Selain itu, kata ‘Moody’ adalah salah satu personality saya. Saya memang orangnya super moody, suka tiba-tiba bĂȘte kalau ada hal yang enggak sreg sama saya. Jadinya saya gabung dua kata itu dan lahirlah Pretty and Moody. Simpel aja kan?

Sebenarnya saya dulu juga ingin pakai nama saya sendiri sebagai nama blog, eh tapi ternyata enggak tersedia. Apa nama saya yang begitu pasaran ya? Kalau kamu, kenapa sih pilih nama blog yang sekarang? Share dikomentar ya.

I’ll see you on the next post.

10 comments:

  1. iya mbak, pilih nama emang nggak bisa sembarangan. saya juga waktu waktu kasih nama blog pakai bertapa dulu. wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. sebelnya pas udah dapat nama bagus tapi enggak tersedia di blogspotnya. Jadi harus cari lagi.

      Delete
  2. Nama saya juga gak ada di blogspot, Mba. Akhirnya ditambahin kata ful depannya. Ngasal tapi akhirnya dijadiin nama IG dan twitter juga 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak seringnya enggak ada di Google, padahal udah bagus namanya.

      Delete
  3. Setuju banget soal nama blog itu harus mencerminkan personality! Kalo menurut aku, nama blog itu sama aja kayak nama kita sbg seorang individu. Di balik nama pasti ada personality, makna, dan (bahkan) doa juga harapan dari yg memberi nama. Semoga sukses selalu dalam menekuni blognya, Mbak :)

    ReplyDelete
  4. Aku dulu juga pengennya pakai nama asli tapi sudah terpakai haha. Makanya pilih nama blog lainnya deh ^^;;

    ReplyDelete