Tuesday 20 November 2018

Ini yang Menjadi Alasan Saya Menulis Blog



Setiap orang pasti mempunyai alasan tersendiri untuk memulai nulis blog. Ada yang ingin murni berbagi informasi, ada yang ngejar Adsense, ada yang sekedar iseng ngisi waktu luang aja, dan lain-lain. Tapi pernah gak sih kalian benar-benar duduk termenung memikirkan alasan mengapa nulis blog dan bukannya yang lain?

Saya sih sebelum ada challenge ini enggak pernah benar-benar mikirin alasan mulai ngeblog. Atau saya aja yang sudah lupa dengan alasannya ya? Well, eniwei, dengan adanya challenge ini saya jadi ingin share juga alasan saya nulis blog. Siapa tahu bisa jadi inspirasi juga buat teman-teman yang masih maju mundur chantik untuk mulai blog.

#1 Menyalurkan hobi

Saya dari kecil memang sudah hobi nulis dan membaca. Bahkan saat SD saya sempat punya mimpi untuk jadi penulis novel. Eh, mimpi itu masih ada sih hingga sekarang, cuma lagi semput aja mimpinya. Jadi sekarang coba menghidupkan mimpi itu dengan nulis blog ini. Lumayan jadi pengobat mental biar enggak terlalu sedih mikirin mimpi. Semoga aja secepatnya mimpi jadi penulis novel bisa siuman, gak usah semaput lebih lama lagi.

#2 Hobi makeup dan hal-hal yang berhubungan dengan kecantikan

Nah, selain hobi nulis saya juga senang banget dengan makeup dan yang berhubungan dengan makeup, kosmetik, dan skincare. Tapi saya enggak mau kalau hobi saya ini cuma buat saya sendiri, maunya saya bagi sama orang lain. Kalau berbagi produk makeup atau skincare kan susah ya, masa iya mau bagi satu per satu. Tapi kalau berbagi dalam bentuk review dan tips dan trik kan ceritanya lain. Saya bisa berbagi dengan orang lain dan membuat hobi makeup makeup ini bermanfaat. Makanya sebagian besar produk yang direview juga produk yang saya beli sendiri dengan harapan orang yang membaca review saya bisa mendapat pengetahuan yang dibutuhkan.

#3 Make the internet works for you

Tidak dipungkiri bila saya ingin punya blog yang bisa dimonetize salah satunya dengan menggunakan Adsense. Apakah proses mendapatkan Adsense mudah dan cepat? Tentu tidak, sodara. Bukan hanya saya yang merasa susah mendapatkan monetization ini, tapi banyak kok blogger yang merasakan susahnya mendapatkan iklan ini.
Saya perlu waktu satu tahun setelah blog ini dibuat, isi konten bermanfaat, berbenah ini itu, dan juga beli doman top level. Baru kemudian bisa disetujui untuk menjadi penerbit iklan. Itu pun masih belum bisa Pay Out karena belum sampai jumlah minimumnya. Panjang ya prosesnya? Iyalah. Makanya alasan ini bukan menjadi yang utama. Tapi saya tetap ingin membuat internet bekerja untuk saya. Jadi, biar enggak sia-sia gitu saya pakai internet tiap hari.

#4 Menjadikan hobi yang menghasilkan

Siapa sih yang enggak mau punya hobi yang menghasilkan? Yah, meskipun definisi ‘menghasilkan’ dari blog saya ini masih jauh dari jumlah standar, tapi banyak kok blogger lain yang sudah bisa ‘bayaran’ setiap bulan dari blog mereka. Saya yakin dengan rutin ngeblog dan ngisi konten-konten yang bagus, lama-kelamaan juga pasti bisa bayaran dari blog.  

#5 Sebagai portfolio

Saya tuh sering ditawari job content writer atau penulis konten dan diminta contoh tulisan yang saya buat. Tapi selalunya saya beri tahu kalau contoh tulisan saya ada di blog. Saya selalu mengusahakan bila setiap tulisan yang diupload diblog adalah murni tulisan saya, bukan hasil beli artikel apalagi copy paste. Big NO ya kalau itu. Makanya saya selalu semangat nulis dan merawat blog. Jadi, orang lain juga bisa melihat blog ini sebagai portfolio saya.

Saya sih bisa saja ya ikutan nulis di platform blog yang sudah terkenal. Tapi, rasanya sih lebih lega kalau pakai blog pribadi. Bisa nulis sesuka hati, bisa sekalian curhat juga.

Kalau kamu kenapa sih mulai nulis blog? Share ya di komentar

See you on the next post. Bye

#Bloggerperempuan #BPN30dayChallenge2018 #Day1

4 comments:

  1. Awal banget aku ngeblog karna tuntutas dosen waktu kuliah pemrograman web thn 2011, setelah dipahami ternyata menarik, apalagi aku memang punya hobby nulis hihi. Smua yg diblogku juga murni hasil karyaku beb, amit2 deh jgn sampe copy punya orang hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang terpenting itu emang tulisan asli ya. Namanya juga blog pribadi masa ya mau copy punya orang. Sukses ya sama blognya.

      Delete
  2. Awal banget sih dulu pas SMP, nulis di blog karena tugas pelajaran bahasa indonesia tapi akhirnya keterusan sampai sekarang. Btw, yang adsense bener banget tuh. Aku juga pernah diterima dulu sebelum TLD tapi sebulan kemudian ke-banned wkwk. Sekarang sih belum minat daftar lagi :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seriusan sebulan kena banned. Emang kenapa? Katanya kalau kena click iklan sendiri bisa di banned ya?

      Delete