Sunday 11 November 2018

AM Skincare Routine - Skincare yang Dipakai Saat Pagi Hari

Morning Skincare Routine, pretty-moody.com, toner, skincare routine, skincare, layering skincare
Morning Skincare Routine

Sebenarnya rutinitas skincare setiap orang berbeda-beda. Rasanya juga tidak perlu menyama-nyamakan rutinitas skincare dengan orang lain karena pasti kebutuhan kulit setiap orang berbeda. Di post kali ini, saya sekedar sharing aja tentang rutinitas skincare yang sudah saya lakoni secara religiously  alias dengan taat selama beberapa waktu belakangan ini.

Saya biasanya menggunakan skincare dengan rutinitas yang sama sampai ada salah satu produk yang habis. Kemudian, sebelum saya repurchase produk yang sama, saya lihat dulu apakah kulit masih membutuhkan nutrisi dari produk tersebut, atau ada perubahan signifikan atau tidak. Jadi, ganti saat mau ganti skincare pun tidak boleh asal beli, apalagi gara-gara kalap diskon.

Ngomong-ngomong masalah morning skincare rutin, saya bukan tipe yang punya banyak waktu buat skincare-an sepagian. Maklum kalau pagi itu banyak kerjaannya, harus masak, cuci piring, dan kerjaan ijah lainnya. Makanya saya pilih yang simpel-simple aja untuk skincare pagi hari.

Morning Skincare Routine

Cleansing:

Morning Skincare Routine, pretty-moody.com, toner, skincare routine, skincare, layering skincare
Morning Skincare Routine: Cleanser
Meskipun enggak mandi, tapi cuci muka pas bangun tidur itu penting. Apalagi kalau malam sebelumnya pakai segala macam krim malam, sleeping mask, dan kawan-kawan. Tapi untuk pagi hari saja enggak double cleansing, cuma cuci muka pakai sabun wajah aja. Sabun wajah yang biasa saya pakai juga yang lembut dan enggak mengandung SLS/SLES. Biasanya saya pakai sabun wajah dari Hadalabo atau Dove. Gantian aja pakainya sesuai sama mood.

Toner:

Morning Skincare Routine, pretty-moody.com, toner, skincare routine, skincare, layering skincare
Morning skincare routine: Toner
Setiap selesai mencuci wajah, buat saya pakai toner itu hukumnya wajib dan enggak bisa ditawar. Soalnya kalau enggak pakai toner, kulit wajah rasanya kasar dan kering. Toner yang saya pakai ada dua, yaitu Hadalabo gokujyun lotion, dan L’orealperfect clinical essence toner. Yes, saya pakai dua toner yang dua-duanya moisturizing toner. Kenapa? Karena kulit saya keringnya kebangetan. Kalau pakai satu sebenarnya tetap lembab sih, tapi kalau pakai dua toner itu enak banget.

Sunscreen

Morning Skincare Routine, pretty-moody.com, toner, skincare routine, skincare, layering skincare
Morning Skincare Routine: Sunscreen
Nah, setelah pakai double toner, saya skip serum dan langsung pakai sunscreen. Saya memang enggak biasa pakai serum buat skincare pagi soalnya rasanya terlalu lembab dan lengket. Jadi, saya langsung pakai sunscreen. FYI, pakai sunscreen dalam rangkaian skincare pagi itu sangat amat penting ya. Meskipun enggak lagi mau keluar atau cuma di rumah aja, tetap wajib pakai sunscreen. Soalnya sinar matahari tetap bisa masuk ke dalam rumah lho, kecuali rumah kamu enggak ada jendela atau kaca sama sekali alias rumah bawah tanah. Bahkan saat langit semendung hatimu, pakai sunscreen tetap wajib karena sinar UV bisa menembus awan. Sunscreen yang biasa saya pakai itu Emina Sunscreen atau Skin Aqua sunscreen. Kebanyakan sunscreen yang saya pakai itu kadar SPFnya kurang dari 50. Entah kenapa kalau pakai yang SPF nya tinggi malah jerawatan.

Krim siang:

Morning Skincare Routine, pretty-moody.com, toner, skincare routine, skincare, layering skincare
Morning skincare routine: Day Cream
Pakai sunscreen itu penting, sama pentingnya dengan pakai krim siang. Gunanya pakai krim siang atau pelembab itu untuk mengunci semua produk yang sudah dipakai sebelumnya. Kalau enggak pakai pelembab, ya percuma aja toner dan sunscreen yang dipakai itu bisa ((ngabar)) gak karuan. Oh ya, meskipun sudah pakai pelembab yang ber-SPF tetap wajib ya pakai sunscreen terpisah. Biar afdol skincare-nya.

Optional skincare:

Morning Skincare Routine, pretty-moody.com, toner, skincare routine, skincare, layering skincare
Morning Skincare Routine: Masker
Langkah skincare yang ini optional ya. Maksudnya enggak setiap hari saya lakukan. Kalau langkah yang diatas itu wajib buat saya, tapi yang ini biasanya hanya saya lakukan setiap 2-3 kali seminggu. Yaitu eksfoliating dan masker. Kalau terlalu sering eksfoliating atau maskeran, saya jadi sering jerawatan karena kulit yang terlalu lembab. Eksfoliating saya biasanya pakai Biokos peeling lotion, tapi kalau maskernya sering ganti-ganti tergantung apa yang ada di depan mata.


Nah, itu tadi langkah-langkah skincare saya di pagi hari. Menurut saya sih mudah dan enggak ribet. Saya juga males kok yang ribet-ribet. Kunci dari pemilihan langkah skincare itu menurut saya sebaiknya di sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit. Jadi langkah skincare bisa saja enggak sama sepanjang waktu.

Kalau teman-teman, skincare pagi biasanya apa saja? Share ya di komentar.

I’ll see you on the next post. Bye.


12 comments:

  1. Betul bgt....morning skincare emang perlu ya mbak. Saat ini aku lagi pake produknya MSGlow kebetulan cocok bgt dg kulit saya yg cenderung berminyak....harganya juga terjangkau. Salam kenal ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Yuni, Salam kenal juga. Iya emang penting banget pakai skincare pagi, tentunya pakai produk yang sudah cocok di kulit.

      Delete
  2. Setuju, skincare tiap orang beda-beda krn skincare journey emang sepersonal itu ya mbak! Anyway, sunscreen kamu sama dgn andalanku lho!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak cari skincare memang harus trial dan eror. Eh, Sunscreen emina ituh emang sunscreen sejuta umat kayaknya mbak.

      Delete
  3. Wah kamu rajin juga ya ternyata, baru bangun udaha pake facial wash. Kalo aku sih mentok pake micellar water terus cuci muka pakai air biasa😂, ketauan banget ya kalo masih males akunya. Aku juga suka loh sama sunscreen nya Emina. Emang enak sih dipakenya, harganya murah juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah kalau pagi enggak pernah pakai micellar water. Emina tuh emang sunscreen sejuta umat banget

      Delete
  4. Aww, ternyata rangkaian loreal sama emina sunscreennya sama denganku ihihi.. Kulitku juga kering banget Mbak. Ternyata toner ditimpa dengan toner yg lain itu bisa ya. Nanti kucoba deh, ini lagi gersang soalnya hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mbak yang penting enggak ada bahan yang bertentangan dalam dua toner yang dipakai. Kalau ada yang bertentangan ya dipakai salah satu dari pada jadi iritasi.

      Delete
  5. Waahhh rajin banget mbaaa, saya bangun tidur cuman cuci muka sih, kalau ga malas pakai cleanser (ketauan malasnyaaa)
    Setelah mandi baru deh pakai macam2 :D

    Keren ya, skincarenya beragam.
    Saya pakai satu macam, tapi akhir2 ini teracuni temen2 jadinya pengen ganti2 gitu hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka bosenan mbak pakai skincare. jadi pengennya setiap hari yang ganti gitu.

      Delete
  6. Beb aku penasaran banget sm sun screennya emina, byk yg bilang bagus. Hhahaha ngakak pas bawa "rumah di bawah tanah" LOL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba beb, ini sunscreen sejuta umat. Banyak banget yang pakai. Lumayan kalau dipakai sehari-hari apalagi kalau cuma didalam ruangan doang.

      Delete