Friday 23 November 2018

BPN Day 4: Ini Pentingnya bergabung dengan Blogger Perempuan


Waktu awal-awal memulai blog ini, saya belum kepikiran untuk bergabung dengan komunitas semacam Blogger Perempuan. Bukan apa-apa sih, tapi sayanya aja yang kurang banyak pengetahuan tentang per-blogging-an ini. Tapi, semakin kesini saya merasa kalau bergabung di kominutas itu sangat penting untuk diri sendiri dan juga perkembangan blog. Apalagi bagi saya yang tinggal jauh dipelosok negeri harus rela enggak bisa ikutan kopdar blogger. Jadi, keberadaan komunitas macam Blogger Perempuan ini penting buat saya. 


Apa sih pentingnya bergabung di komunitas?

Memang sih kita memulai blog karena inisiatif sendiri, enggak ada yang nyuruh kan. Tapi agar blog bisa berkembang, kita perlu berada disuatu komunitas yang serupa. Misalnya sebagai blogger ya bergabungnya di komunitas blogger, jangan di komunitas motor karena enggak relevan. Bergabung ke komunitas yang serupa juga memberikan kesempatan bagi orang lain untuk menemukan blog anda. Hayo, dimana lagi tempat berpromosi atau share link kalau bukan di grup komunitas?

Mengapa saya bergabung di Blogger Perempuan

Jujur saja, saya bergabung di Komunitas Blogger Perempuan karena saya sangat kurang pengetahuan tentang blogging. Saya enggak ngerti SEO atau istilah blogging lainnya. Tapi, saya mau tahu dan mau belajar, makanya saya gabung di komunitas ini. Ada banyak manfaat yang bisa saya ambil saat bergabung dengan Blogger Perempuan. 
  • Mendapatkan ilmu tentang blogging dari sesama member. Saya tuh paling seneng kalau di Blogger Perempuan share tentang cara menambah pengunjung, cara mendapatkan adsense, meningkatkan traffic blog, dan sebagainya. Ya memang banyak sih tips-tips gitu di Google, tapi kalau baca langsung dari BP itu lebih afdol.
  • Tidak dipungkiri ya kalau Blogger Perempuan sebagai salah satu tempat untuk share link sehingga blog kita lebih mudah dikenal oleh orang lain. Coba deh bandingkan banyaknya pengunjung disebuah post yang dishare di Blogger Perempuan dan yang tidak. Pasti pengunjungnya banyakan yang di share di BP kan? Ya, karena anggota Blogger Perempuan juga buanyak banget, jadi link yang dibagikan menjangkau banyak orang.
  • Selain itu, Blogger Perempuan banyak memberikan informasi tentang blog competition, blog class, challenge macam #BPN30dayChallenge2018 ini, dan banyak lagi. Semua itu disediakan secara gratis lho di Blogger Perempuan.
  • Pastinya dengan bergabung di Blogger Perempuan, kita juga semakin banyak teman dan kenalan. Tidak ada yang buruk dengan menambah kenalan dan teman kan? 
  • Yah, namanya juga Blogger Perempuan, jadi semua anggotanya juga perempuan dong. Saya merasa enak aja berada dengan anggota-anggota perempuan ini karena niche utama blog saya adalah beauty. Jadi kemungkinan besar pengunjungnya juga perempuan kan.
  • Yang saya suka Blogger Perempuan adalah tidak ada batasan tema blog. Apa saja kategori blog yang kamu punya, selagi kamu perempuan, bisa banget bergabung dengan BP. Cara gabungnya juga gampang banget tinggal isi form di website. 
Pada dasarnya tidak akan ada yang berkembang dengan menjadi katak dalam tempurung. Sama halnya dengan blog, kalau tidak bergabung dikomunitas seperti Blogger Perempuan ini, ya enggak akan ada yang tahu keberadaan blog kamu. Jangan langsung menargetkan kalau blog kamu bakal dikenal Google, karena bakalan susah. Jadi, ya mulai aja dulu dengan bergabung dengan komunitas, nanti lama kelaman Google juga bakalan kenal.


Nah, kamu juga bergabung dikomunitas Blogger Perempuan? Share yuk alasannya.
See you on the next post. Bye.

4 comments:

  1. sama mbaak.. saya sebelum gabung di sini juga clueless banget. sekarang aja agak pinteran dikit. wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak emang gunanya gabung komunitas biar pinteran dikit.

      Delete
  2. Samaan, Mbaa. Pertama kali join, aku pun bingung apa itu SEO, apa itu adsense. Sekarang tetep bingung sih hahaha cuma udah jauh lebih ngerti :D

    ReplyDelete