Thursday 6 December 2018

2019 dan Hal-Hal yang Ingin Dilakukan


Duh, enggak kerasa ya 2018 sudah mau berakhir dan 2019 tinggal menghitung hari. Rasanya baru kemarin bulan Januari, eh, tahu-tahu sudah Desember aja. Memang ya masalah waktu itu klasik. Lambat kalau ditunggu dan cepat kalau dinikmati. Terlepas menikmati waktu atau tidak, yang jelas waktu tidak terhenti. Dan sekarang tahun sudah akan berganti lagi. Apakah resolusi tahun ini sudah tercapai semuanya? Apakah sudah siap dengan resolusi yang baru?

Saya sih, hanya sebagian resolusi yang tercapai. Tapi ya saya syukuri saja, mungkin memang saya yang kurang gigih berjuang dan terlalu banyak leha-leha. Buktinya sekarang bisa tiap hari update blog. Kenapa kemarin-kemarin cuma update satu bulan 3 kali, Ferguso?

Ngomongin masalah resolusi, tahun depan saya enggak mau meneruskan resolusi tahun ini yang belum kesampaian. Maunya saya buat resolusi yang baru sekalian. Apa saja sih yang akan saya lakukan di tahun 2019 nanti?

#1 Mulai investasi

Ditahun yang baru, saya ingin memulai investasi karena penting. Ya, investasi itu penting, bagaikan tabungan hari tua. Kalau tahun ini saya nabung aja ogah-ogahn, lebih senang beli gincu. Tahun depan saya ingin mengencangkan ikat pinggang dan mulai berinvestasi. Saya sih belum mencari tahu jenis investasi apa yang mau dipilih, tapi mungkin mau pakai deposito atau emas. Tapi saya juga pengen coba investasi saham, tapi rasanya perlu belajar lebih banyak lagi.

#2 Menurunkan berat badan

Saya kelebihan berat badan. Makanya saya berkomitmen untuk ingin lebih sehat di tahun 2019 dengan mengatur pola makan dan lebih banyak bergerak. Kalau berat badan ikutan turun, itu adalah bonus. Tapi tujuan utama saya adalah lebih banyak bergerak dan mengatur pola makan. Ya, tahulah ya kerjaan penulis konten dan blogger, hari-hari pasti banyakan duduk daripada bergerak. Giliran berat badan naik, galau bukan main.

#3 Traveling more

Selain lebih aktif bergerak, saya juga ingin lebih banyak traveling di 2019. Tidak perlu langsung jauh-jauh ke ujung dunia di Ushuaia atau dataran garam di Bolivia, tapi bisa dimulai dengan tempat-tempat di Indonesia. Tahun ini saya sadar kalau saya tidak benar-benar banyak traveling. Paling hanya ke Blitar ke rumah mertua aja. Sisanya ya ndublek di Malang aja. Yuk ah traveling. Dunia terlalu indah untuk tinggal di rumah saja.

#4 Menulis dan menerbitkan novel

Menulis dan menerbitkan novel ini adalah mimpi saya yang sudah lama terpendam tapi masih semaput. Ingin saya hidupkan lagi di tahun 2019, bagaimanapun caranya. Bisa banget lho kalau mau kasih tips tentang penulisan novel ke saya, email ya.

#5 Les rias

Berbeda dengan menulis novel, les rias ini adalah mimpi saya yang baru. Sejak saya suka mainan makeup, saya juga ingin menghasilkan uang dari hobi baru saya ini. Kemampuan makeup saya ini masih cukup untuk penggunaan sendiri saja. Kalau untuk menghasilkan uang, rasanya belum cukup mahir. Saya sudah lihat-lihat beberapa tempat les rias di Malang, tinggal pilih saja yang paling sreg dihati.

Kalau kamu, apa saja yang ingin kamu lakukan di tahun 2019 nanti? Share juga di komentar ya.

I'll see you on the next post. Bye.

2 comments:

  1. Saya juga punya cita-cita menerbitkan novel. Tapi apa daya, tidak pernah bergerak dari wacana. Padahal, kalau dipaksa seperti 30 day Challenge ini, bisa juga menulis setiap hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak padahal ini bisa ya nulis tiap hari tapi kalau enggak dipaksa gitu malah ketutupan males

      Delete