Friday 14 December 2018

Memory as a Kid: Kenangan Generasi 90an


Banyak yang bilang kalau generasi 90an itu adalah generasi yang menyenangkan. Tidak ada smartphone, YouTube, dan bahkan acara TV pun masih terbatas. Alhamdulilah, saya dari kecil saya tumbuh layaknya anak kecil pada umumnya, bukan karbitan. Ada banyak hal yang saya syukuri dengan menjadi generasi 90an, salah satunya adalah karena jenis pemainan yang saya gemari. Berikut ini beberapa kenangan permainan khas generasi 90an yang saya ingat sampai sekarang.

Brick game

Sumber: iprice.co.id
Ini adalah gadget pertama yang saya punya. Kalau jaman saya dulu dibilangnya gembot, padahal aslinya game watch. Biasanya ada beberapa jenis game, tapi tetap yang paling favorit adalah Tetris. Kalau main ini bisa rebutan satu rumah bahkan nenek saya pun suka main game ini.

Koleksi penghapus warna-warni

Sumber: Kepo.id
Mungkin ini menjadi salah satu awal saya suka koleksi stationary warna-warni. Saya sejak SD sudah hobi beli penghapus, meskipun sebenarnya enggak butuh. Yang dibeli juga bukan penghapus mahal, Cuma penghapus gambar bendera negara atau gambar panda. Kalau dapat penghapus yang bentuknya unik, lebih seneng lagi, dan enggak akan dipakai. 

Nonton Telenovela

Kalau sekarang sukanya nonto Drama Korea, dulu saya sukanya nonton telenovela. Favorit saya Amiogos X Siempre. Pernah saking asyiknya nonton sampai dimarahin emak karena sudah waktunya belajar. Duh, masih ada enggak ya yang sekarang nontonin telenovela. 

Boneka kertas

Sumber: IDNTimes
Dulu sih saya bilangnya bongkar pasang. Itu loh boneka kertas yang bajunya bisa diganti-ganti. Mainan ini yang bikin saya pandai mix and match baju. Dulu saya punya satu kotak sepatu penuh dengan boneka kertas ini. Terus untuk melengkapi bonekanya, saya juga bikin semacam kursi dan tempat tidur dari kertas juga. Kreatifnya jaman dulu ya. 

Monopoli dan Ular tangga

Dua mainan ini juga identik banget dengan tahun 90an. Dulu saya paling hobi main monopoli sama ular tangga. Yang punya hotel paling banyak, itu yang menang. Duh, jaman dulu kaya banget ya udah bisa beli hotel. 

Dakon dan bekel

Ini adalah dua permainan favorit saya sepanjang masa. Entah kenapa main dakon itu buat saya seperti stress healing gitu. Tapi saya langsung uring-uringan kalau biji dakon ada yang hilang. Selain dakon, saya juga suka banget main bekel. Bisa sampe berjam-jam tuh main bekel, sampe lupa waktu. 

Kalau ngumpulin tugas, pasti berebut paling bawah

Yang ini khas anak SD banget. Dulu saya juga pasti berebut ngumpulin tugas paling bawah sendiri. Entah alasannya apa tapi logikanya kalau paling atas pasti dikoreksi guru terlebih dahulu. Padahalkan terserah guru ya mau koreksi dari paling bawah atau atas. 

Apakah kamu generasi 90an juga? Yuk share pengalaman kamu di komentar ya.
I'll see you on the next post. Bye. 

9 comments:

  1. hahaha saya juga seneng maen brick game n bola bekel. n penghapusnya yang ada list ijo itu

    ReplyDelete
  2. Sama main Tamagochi mbak :D ngetop banget dulu jaman saya kecil tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aku enggak main tamagochi mbak, lebih suka gembot.

      Delete
  3. Mungkin cuma aku yg nyebutnya gamebot (gembot)😂

    ReplyDelete
  4. Ngumpulin tugas maunya yang paling bawah. Hahaha iya banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal mau diatas atau dibawah ya enggak ngaruh ya mbak.

      Delete
  5. Way cool! Some extremely valid points! I appreciate you penning this article plus the rest of the site is really good.

    ReplyDelete