Saturday 29 December 2018

Blogging at a Glance - Kilas Balik Perjalanan Nge-Blog 2018



Enggak terasa ya tahun 2019 tinggal dalam hitungan hari saja. Rasanya baru kemarin Januari 2018, eh tahu-tahu sudah mau ganti tahun saja. Sebenarnya tahun 2018 ini saya tidak punya resolusi khusus yang terperinci gitu, terlebih untuk blogging. Tahun ini saya blogging hanya sekedar blogging dan nulis-nulis ria, tidak ada target khusus. Tapi, meskipun tidak tertarget secara khusus, ternyata ada banyak pencapaian dari perjalanan ngeblog di tahun 2018 ini. Yuk ikuti kilas balik blogging 2018 ala Pretty and Moody.

Awal ngeblog

Blog ini sebenarnya pindahan dari blog lama yang saya utek-utek tanpa tanpa tanggung jawab. Akhirnya saya putuskan untuk membuat blog ini di bulan Maret 2017. Awal ngeblog ini sempat pesimis kalau blog ini bakalan punya viewers banyak dalam waktu dekat. Akhirnya, saya memilih tidak terlalu memikirkan masalah viewers tapi fokus pada konten dan tampilan blog.
Saya maunya tampilan blog yang cerah, rapi, dan enak dipandang dengan header yang cantik. Duh, untuk masalah tampilan blog ini saya harus akui kalau masih belum sesuai dengan keinginan karena saya sudah nyerah sih. Selama tahun 2017 itu, enggak ada perubahan yang signifikan untuk blog ini.

Blogging 2018

Awal tahun 2018, saya masih belum mempunyai target yang spesifik tentang blog ini. Mau nulis ya nulis aja gitu. Parahya lagi, saya juga enggak terlalu memperhatikan neningkatan viewers blog. Sepertinya di tahun 2018 ini, viewers blog sudah mencapai 100.000 ribu pengunjung.

Domain

Bulan Mei 2018, tanpa rencana sebelumnya, saya memutuskan untuk membeli domain. Ya memang tanpa rencana karena tiba-tiba ada promo domain murah. Langsung saja saya beli dengan harapan blog saya bisa menjadi lebih professional. Setelah ganti domain, performa blog saya masih begitu-begitu saja karena saya juga malas update. Jadi, viewers tidak meningkat secara signifikan.

Adsense

September 2018, iseng-iseng saya daftar Adsense untuk blog. Enggak terlalu optimis sih, karena dulu pernah mengajukan Adsense untuk blog yang lama tapi ditolak. Jadi, yang sekarang saya cuma iseng-iseng aja. Kalau diterima ya syukur kalau enggak ya engga apa-apa. Ya, saya menyadari kok kalau misalnya ditolak Adsense karena blog ini masih banyak yang kurang.

Tapi ternyata semua diluar dugaan saya. Hanya dalam waktu satu hari saja, permohonan Adsense diterima. Tapi masalah baru muncul lagi, yaitu setup iklan didalam blog. Jujur saya enggak paham dengan HTML atau apalah itu untuk pengaturan blog, tapi saya terpaksa harus mencari tutorial demi memasang iklan ini.

Sebulan setelah iklan terpasang, saya kira bisa langsung bayaran dari hasil iklan. Lagi, lagi saya salah. Ternyata ada nilai limit atau batas tertentu agar bisa payout dari pemasangan iklan. Padahal pencapaian iklan saya masih seujung upil, mungkin bisa 5 tahun lagi bayaran dari iklan. Dari sini awal mula saya mempunyai target untuk blog, yaitu meningkatkan semua hal termasuk viewers, performa, dan konten.



Dengan adanya iklan, saya jadi ikut kepo dengan blog DA/PA dan RankMOZ. Benar saja, ketika saya check performa blog saya ini masih sejauh langkah bayi; yaitu 9/5. Selain itu viewers saya juga masih sedikit banget.

Setelah browsing sana sini, akhirnya saya simpulkan kalau salah satu untuk menunjang performa dan viewer blog adalah dari rutin update. Harus saya akui kalau saya enggak rajin update blog, paling 3-4 kali saja selama sebulan. Itupun kalau saya lagi mood update.

Blogger Perempuan Challenge

November-Desember 2018, saya memutuskan untuk join One Day One Post dari Blogger Perempuan. Awalnya ragu sih bisa apa enggak rutin menulis satu post setiap hari. Ternyata setelah dilakoni, lha, saya bisa rutin nulis sampai akhir challenge. Setelah rutin menulis satu post selama stau hari, performa blog berubah. Blog DA/PA menjadi 12/11 dalam waktu satu bulan. Wah, sekarang saya baru benar-benar sadar kalau rutin update itu adalah koentji dari segalanya.
Berdasarkan perjalanan blogging 2018 ini, saya jadi tahu kalau konten dan rutin update sangat penting untuk performa blog. Viewers dan performa blog akan meningkat dengan sendirinya kalau rajin update blog.

Target Blogging 2019

Untuk tahun 2019, saya menargetkan untuk bisa rutin update blog selama dua hari sekali. Dengan begitu, target viewer dan perfoma lainnya akan mengikuti dengan sendirinya. Tapi bukan berarti saya enggak punya target spesifik untuk blog ya. Target blog untuk tahun 2019 saya adalah:
  • Blog DA/PA menjadi 20/15
  • Viewers harian blog menjadi 1000
  • Update setiap dua hari sekali
  • Lebih rajin Blogwalking untuk nambah teman 
Mulai tahun 2019, saya enggak mau asal nge-blog. Saya mau nge-blog yang terarah dengan target yang jelas dan goal yang realistis. Yang kepo dengan target blogging 2019, bisa baca Target Blogging 2019 saya ya.

Kalau kamu pencapaian apa saja yang sudah diraih dari perjalanan nge-blog tahun 2018? Share dikomentar ya.

I'll see you on the next post.

26 comments:

  1. Wah saya juga masih bayi ini blognya, padahal udah dari tahun 2010 saya ngeblog. Cuma ya jarang update, kalo pas rajin rajin banget, kalo pas males yaaa males banget. Mbak bisa sehari 1000 viewers? Hebaat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum sampe 1000 viewers mbak sehari, moga aja tahun depan bisa kesampaian.

      Delete
  2. Semangat mbak. Akupun pengen PV naik, tapi rasanya masih misteri buat saya.

    ReplyDelete
  3. Wah mau nih kalau ada domain murah lagi. Harus banyak belajar dari ahlinya ni. Ajarin ya.....
    Salam berbagi kebaikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Domain murah kalau lagi promo mbak dari Jagoan Hosting

      Delete
  4. Waaahhh.. semangat ya Mbak.. semoga tulisan kita selalu membawa berkah dan manfaat... Aamiiiin

    salam kenal,
    Nabila

    ReplyDelete
  5. Kalo aku cuma pengen viewers balik lagi seperti semula. Soalnya sejak ganti tema bikin PV harian turun drastis sampai setengahnya huhu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. DI blogku yang lama juga pernah viewersnya menurun karena ganti tema. Kapok aku ganti-ganti tema. Gak mau lagi kehilagan viewers

      Delete
  6. saya malah gagal terus pasang adsense hiks

    ReplyDelete
  7. Bisakah aku digaji adsense :))) Pesimis banget soalnya nggak terlalu fokus juga sih (dibandingin para pemburu adsense ya). Hasil adsenseku masih receh banget kayak nabung di celengan ayam haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak hasil Adsenseku juga masih receh pake banget. Tapi harus semangat.

      Delete
  8. Salam kenal mbak...semoga target blogging tahun 2019 tercapai...tetap semangat. Salam Kukuruyuk dari Semarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga, Semoga tahun depan bisa lebih baik lagi.

      Delete
  9. Waah keren uy, bisa suksea ikut one day one post, duh aku mah apa mbakkk.. Hhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk coba lagi buat tantangan one day one post. Kalau udah niat pasti bisa.

      Delete
  10. Wah daftar adsense dengan domain TLD dan diaprove yah mba? Saya jadi pingin coba peruntungan di adsense lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lagi mbak. Siapa tahu tahun ini bisa diapprove.

      Delete
  11. sukses ya untuk adsense nya!


    Would you like to follow each other? If the answer is yes, please follow me on my blog & I'll follow you back.

    http://www.okcheori.com

    ReplyDelete