Saturday 1 December 2018

Ingin Hidup Sehat? Mudah Kok dengan 5 Cara ala Saya


Hayo siapa yang tahun 2018 ini punya resolusi untuk hidup sehat tapi sampai akhir tahun masih enggak berubah juga?

Sebenarnya masalah hidup sehat itu gampang-gampang susah. Hidup sehat itu gampang kalau ada kemauan dan tekad yang kuat, tapi susah kalau enggak ada kemauan dan masih punya pikiran kalau hidup sehat ribet, enggak punya waktu, dan seterusnya. Padahal kalau mau cari tips hidup sehat sudah ada bejibun banyaknya di Internet. Mau cari tips yang model bagaimana pasti ada kok. Nah, tinggal bagaimana kita menerapkan saja dalam kehidupan sehari-hari.

Masalah hidup sehat ini, saya juga belum 100% diterapkan. Masih ada beberapa yang sering dilanggar, tapi saya tetap berusaha untuk menjalankan gaya hidup sehat ini. Cara hidup sehat ala saya ini bukan hal yang sulit dan saya yakin sudah banyak artikel serupa di internet. Tapi sekarang saya coba jelaskan cara hidup sehat versi saya ya.

Bangun pagi

Cara hidup sehat yang pertama sebetulnya sangat sepele yaitu bangun pagi. Kalau waktu kecil pasti disuruh bangun pagi agar rezeki enggak dipatok ayam. Tapi sebenarnya manfaat bangun pagi itu lebih dari rezeki dipatok ayam lho. Berdasarkan situs Menshealth, bangun pagi itu membuat mood lebih baik, hati lebih bahagia, dan hidup lebih sukses. Saat anda bangun pagi, anda akan punya banyak waktu untuk melakukan aktivitas yang lain dan lebih siap menghadapi hari.

Saya memang biasanya bangun pagi karena harus sholat kan. Tapi setelah sholat saya enggak pernah tidur lagi. Gimana mau tidur lagi kalau cucian piring sudah setinggi gunung, belum lagi harus nyiapin sarapan. Tapi bagi saya, tidur setelah sholat subuh itu membuat badan terasa lebih sakit waktu bangun dan pasti sakit kepala. Saat bangun siangpun saya juga merasakan hal yang sama, jadinya selama satu hari itu pasti badan sakit-sakit.

Selain bangun pagi, yang lebih penting lagi adalah tidur malam yang cukup. Hal ini karena manfaat tidur malam itu enggak bisa digantikan dengan tidur siang lho. Saya mempunyai jam biologis yang tidak bisa ditoleransi. Yaitu setiap jam 9 malam pasti sudah ngantuk dan harus tidur kemudian bangun jam 4 atau 5 pagi. Saya paling bawel kalau sudah menyangkut jam tidur malam karena saya paling enggak suka kalaujam tidur saya kurang. Bisa uring-uringan dan bad mood.

Makan sehat

Cara hidup sehat yang kedua adalah selalu makan makanan sehat. Klise banget ya tipsnya, tapi banyak lho yang susah untuk mulai makan sehat. Caranya juga mudah banget lho. 

  • Hindari makanan tidak sehat. Saya tahun ini memang sudah commit untuk selalu makan sehat misalnya dengan mengurangi gorengan, makanan kemasan, dan junkfood. Cara menghindari jenis makanan ini tuh sebenanrnya mudah apalagi kalau mau masak sendiri. Jadi kita bisa memastikan kalau bahan makanan yang digunakan fresh dan tidak mengandung bahan pengawet.
  • Minimalkan jajan. Kalau sudah baca post tentang 5 Warung Favorit, pasti tahu kalau saya itu tipe yang jarang sekali jajan bahkan saat pergi-pergi pun selalunya bawa bekal sendiri. Saya dan suami itu tipe yang mudah sakit kalau terlalu sering jajan, jadi ya mau enggak mau masak sendiri.
  • Minum air putih dan hindari minuman kemasan. Disamping makanan, untuk memulai hidup sehat juga harus dibarengi dengan banyak minum air putih. Kalau bisa mulai sekarang juga usahakan untuk diet gula dan garam. Alhamdulilah, saya sudah mulai terbiasa enggak mengkonsumsi gula untuk minuman. Saya juga tidak minum minuman manis yang dalam kemasan macam teh, jus, dan soda karena gulanya sangat tinggi.
  • Sarapan. Ibarat mobil, sarapan itu adalah bensin untuk tubuh. Jadi meskipun sedang diet, jangan lupa sarapan. Pasti ya sarapannya juga sarapan sehat, jangan mie instan campur nasi. Kalau saya sarapan biasanya smoothies. 
Ya meskipun sudah diusahakan untuk makan sehat, sisihkan satu atau dua hari untuk cheat day buat makan bakso favorit. Kalau sama bakso mah saya lemah banget, sering gak bisa nahan.

Bergerak

Banyak dari kita yang ogah-ogahan olahraga dengan alasan enggak punya waktu dan (sok) sibuk. Padahal kalau memang diprioritaskan, aktif bergerak itu gampang kok. Kalau biasanya naik ojek ke pasar, sekarang bisa mulai ganti dengan jalan kaki. Kalau olahraga saya sih gampang, tinggal buka Youtube dan cari tutorial senam. Terus geraklah sesuka hati. Cara ini biasanya saya lakukan kalau lagi males mau jogging atau lagi hujan. Lumayan lho 30 menit senam, badan udah segar lagi.

Jaga kesehatan mental

Yang tidak kalah penting dari kesehatan tubuh adalah kesehatan mental. Kuncinya adalah bahagia secukupnya, sedih sewajarnya, dan bersyukur sebanyak-banyaknya. Duh, gak nyangka saya akan nulis seperti ini, disaat saya sendiri masih berjuang dengan anxiety.Tapi tidak dipungkiri bila sumber kesehatan dan penyakit berawal dari mental karena jenis penyakit mental susah terdeteksi lho. Jadi saya selalu berusaha untuk membuat mental saya tetap sehat misalnya dengan jalan-jalan.

Hindari polusi dan asap rokok

Saya memang tidak tinggal di kota besar dengan tingkat polusi yang tinggi, tapi menurut saya polusi dan asap rokok bisa membuat mood menjadi buruk. Pasti tahukan kalau perokok pasif atau orang yang terkekspos dengan asap rokok mempunyai resiko kanker yang lebih besar dari perokok aktif. 

Makanya saya sebel banget kalau ada orang ngrokok deket-deket sama saya. Maunya ku suruh nelen sendiri itu rokok.Coba deh jalan-jalan ke persawahan yang suasanya masih asri dan ke perkotaan yang puanas dan macet. Jangan ragu untuk jalan-jalan ke pedesaan yang bebas polusi dan asap rokok lho.

Kalau kamu punya tips hidup sehat yang unik nggak? Jangan lupa berbagi di komen ya. Kalau artikel ini berguna, jangan lupa share ke teman kamu biar semakin banyak yang tahu.

I’ll see you on the next post. Bye. 


6 comments:

  1. Bangun pagi bener banget mbak.. kalo kesiangan itu malah mager rasanya mau ngapa2in.. hyuuuuh... 😭😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak kalau bangun kesiangan badan sakit semua kepala pusing, jadi males mau ngapa-ngapain.

      Delete
  2. Saya juga kalo udah sholat shubuh gak tidur lagi, soalnya seringnya mimpi buruk kalo tidur abis shubuh :( jadi takut sendiri...mending nunggu agak siangan kalo mau tidur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak kalau mimpi buruk pasti badan sakit dan kepala pusing. Tapi memang enggak boleh kok tidur setelah subuh.

      Delete
  3. Setuju semua nih, kebanyakan juga udah aku coba lakukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa selalu lanjut ya mbak gaya hidup sehatnya.

      Delete