Wednesday 19 December 2018

Jangan Asal Nge-Blog! Blogging dengan Target di Tahun 2019



I survived! Wow, challenge Blogger Perempuan sudah hampir sampai diakhir challenge. Dan ternyata bisa kok ya satu hari upload satu post. Bahkan saya beberapa kali juga upload satu hari dua artikel, dan bisa juga terlaksana. Dari challenge ini saya jadi berpikir kalau nge-blog juga harus punya target, jadi enggak asal nulis nggelambyar gak karuan atau update hari ini kemudian update lagi bulan depan. 

Jujur sih, tahun 2018 ini saya tidak punya tujuan ngeblog. Nulis ya nulis aja, mau ikutan lomba blog ya ikut aja. Tapi enggak pernah kepikiran untuk ngeblog yang benar-benar professional sampai akhirnya saya punya iklan di blog. Jadi sekarang saya mau menerapkan target ngeblog untuk tahun 2019

One day one post

Berkat challenge ini saya sadar, kalau kita bisa kok upload blog satu hari satu post. Semuanya berawal dari niat dan kemauan. Di tahun 2019 ini saya menargetkan untuk bisa upload minimal satu post satu hari dengan menulis tetap sesuai dengan niche.

Memperbaiki SEO

Selain menulis secara rutin, saya juga menargetkan untuk memperbaiki SEO. Jadi tidak sekedar menulis saja, tapi tetap harus menulis sesuai dengan kaidah SEO. Tidak harus menulis dengan kaku sih, menulis tetap dilakukan dengan santai tapi enggak ngawur seenak udel.

Rajin Blogwalking

Karena terlalu sibuk nulis, ngisi blog, dan deadline yang antri, saya sampai enggak sempat blogwalking. Padahal blogwalking itu sangat bermanfaat lho. Selain untuk menunjukkan antusiasme sesama blogger, blogwalking juga bisa memberikan inspirasi lho. Saya enggak mau jadi blogger dalam tempurung yang hanya puas dengan blog sendiri. Jadi, tahun depan saya mau lebih rajin kenalan sama blogger lain dan komen di berbagai blog.

Meningkatkan performa blog

Sebelum blog ada iklan, saya enggak pernah kepikiran masalah performa blog seeprti DA/PA dan sejenisnya. Tapi sekarang saya sedikit kepikiran sama performa blog saya. Apalagi ternyata setelah saya check, DA/PA blog masih seujung upil. Saya sih masih mencari cara bagaimana caranya meningkatkan performa blog dengan cara yang masuk diakal saya. Lha kebanyakan saya enggak mudeng baca artikel atau tips-tips meningkatkan performa blog yang tersebar di Internet. 

Adsense Pay Out

Yang ini sih, saya enggak terlalu berharap banyak. Saya tuh bener-bener enggak mudeng dengan gimana cara kerja, perhitungan fee iklan, dan bahkan pemasangan iklannya sendiri. Tapi , saya pengen banget tahun depan bisa bayaran dari iklan ini. Gimana caranya ya?

Apakah kamu seorang blogger dengan target atau tanpa target? Saya sih mau tertarget atau tidak, yang penting kita nulis dengan hati. Sehingga tulisan yang dihasilkan bisa bermanfaat untuk orang lain. Saya rasa menghasilkan tulisan yang bermanfaat untuk orang lain adalah hal yang paling penting.

I’ll see you on the next post. Bye.


10 comments:

  1. Goal saya yang lain adalah Adsense payout. 😁 Semoga kita bisa sama-sama gajian tahun depan ya ?

    ReplyDelete
  2. Saya awalnya ngeblog tanpa target mbak, asal nulis aja. Tapi sekarang setelah ikutan challenge jadi tau targetnya pengen apa aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak, saya juga banyak belajar dari challenge ini.

      Delete
  3. Gudlak mba, selain ngeblog saya juga ingin ngevlog 2019,doakan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga kepikiran ngevlog, tapi masih sebatas kepingin aja. belum ada rencana yang pas.

      Delete
  4. kayaknya gajian itu yg susah buatku :D
    moga terwujud semua targetnya ya, aamiin.

    alhamdulillah seru juga ya ikutan tantangan ini. jadi bisa kenal n main ke blog mba ratih.

    selamat yaa sudah berhasil nulis selama 30 hari nonstop :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat juga Teh Ina sudah sampai 30 hari. Seru bisa ketemu blogger lain juga.

      Delete
  5. One day one post ini challrnging ksli ya mb, akupun pingin gitu, seenggaknya nulis ringan tp bermakna #eaaaah

    Sama klo yg iklan itu aku blom terlalu mudeng bisa kecapenya gmn, klo keklik ndiri itu ga masuk ya hiks..musti orang lain ksli ya klo adsense tu yg ngeklik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak kalau kita klik sendiri malah di banned sama Adsense nantinya. Jadi jangan sampai ke klik sendiri. Yuk setelah ini bikin one day one post..

      Delete